4 Penyebab batuk berdarah ini bisa Anda alami

Kamis, 26 Agustus 2021 | 18:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab batuk berdarah ini bisa Anda alami

KONTAN.CO.ID - Ada banyak penyebab batuk berdarah yang perlu Anda waspadai. Bisa saja kondisi itu Anda alami karena faktor ringan. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa ada masalah kesehatan serius yang sedang terjadi.

Mengutip dari Medical News Today, darah yang keluar saat batuk disebut dengan hemoptisis. Anda perlu mewaspadai kondisi itu supaya bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Segera periksakan diri ke dokter jika batuk disertai darah sering Anda alami, ya. Biasanya, dokter akan memberikan saran pengobatan sesuai dengan penyebab-penyebab ini. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda bisa tetap dipertahankan.

Infeksi saluran pernapasan

Batuk yang dibarengi dengan keluarnya darah bisa terjadi karena beberapa jenis infeksi saluran pernapasan. Mulai dari laringitis, pneumonia, hingga bronkitis.

Bahan-bahan alami bisa Anda coba untuk mengatasi masalah itu. Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi ke dokter, ya.

Baca Juga: Catat! Ini 8 gejala radang paru-paru yang tidak boleh disepelekan

Kanker

Kanker, apalagi yang terjadi di paru-paru, bisa jadi faktor lain yang menyebabkan batuk berdarah. Risiko penyakit itu semakin meningkat saat usia Anda di atas 40 tahun dan memiliki kebiasaan merokok.

Selain batuk bercampur darah, ada gejala lain yang bisa Anda alami. Misalnya, sesak napas, mengi, berat badan turun tanpa alasan yang jelas, batuk kronis, hingga kelelahan ekstrem.

Perawatan yang Anda butuhkan disesuaikan dengan tipe dan tingkat keparahan kanker. Jenis pengobatan yang umum dilakukan adalah kemoterapi, operasi pengangkatan tumor, dan terapi radiasi.

TBC

Melansir Medical News Today, TBC jadi salah satu infeksi paru-paru yang cukup membahayakan. Anda bisa terinfeksi penyakit itu dari orang lain, jadi diharap Anda lebih berhati-hati, ya.

Beberapa gejala TBC yang dapat Anda alami adalah batuk parah bercampur darah, berat badan turun, hingga keringat yang banyak keluar di malam hari.

Baca Juga: Badan Sering Lesu, Bisa jadi Anda Mengalami Gejala Bronkitis

Asma

Asma bisa jadi salah satu penyebab batuk berdarah.

Asma juga bisa jadi penyebab batuk berdarah, lo. Biasanya, batuk yang disertai dengan darah dibarengi dengan sesak napas, mengi, dan lain-lain. Sampai saat ini, belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan asma.

Anda hanya bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi kemunculan gejala asma. Olahraga, menghindari pemicu asma, dan mengonsumsi obat yang disarankan dokter penting untuk Anda praktikkan secara rutin supaya kesehatan tubuh terjaga.

Selanjutnya: 3 Bahan alami yang efektif mengobati bronkitis

Editor: Belladina Biananda
Terbaru