5 Cara jitu meningkatkan kemampuan manajemen waktu biar kerja lebih efektif

Selasa, 29 Desember 2020 | 13:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Cara jitu meningkatkan kemampuan manajemen waktu biar kerja lebih efektif

ILUSTRASI. 5 Cara jitu meningkatkan kemampuan manajemen waktu agar bekerja lebih efektif.


Mengembangkan Diri - Kemampuan manajemen waktu menjadi salah satu keterampilan yang penting dikuasai. Tidak hanya pekerja, pelajar juga perlu menguasai cara mengatur waktu agar belajar lebih efektif.

Manajemen waktu, bersumber dari Mindtools, adalah sebuah proses merencanakan pembagian waktu untuk kegiatan-kegiatan tertentu. Memiliki kemampuan manajemen waktu memungkinkan Anda bekerja lebih efektif. 

Anda bisa mengerjakan pekerjaan dengan lebih cepat, meskipun dalam tenggat dan tekanan yang tinggi. 

Manajemen waktu yang baik bisa membuat Anda lebih fokus. Membagi waktu ke beberapa pekerjaan penting akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik. 

Dengan manajemen waktu yang baik, Anda akan memiliki waktu untuk mengembangkan diri. 

Untuk menguasai manajemen waktu yang baik, Anda perlu latihan. Ada teknik-teknik yang bisa Anda terapkan agar kemampuan ini terasah. 

Dirangkum dari Forbes, berikut cara-cara yang bisa mengasah kemampuan manajemen waktu:

Baca Juga: 7 YouTuber dengan bayaran tertinggi di dunia tahun 2020, capai ratusan miliar rupiah

  • Tetapkan batas waktu

Baik saat belajar ataupun bekerja, buat jadwal waktu yang sesuai. Tentukan durasi waktu yang dibutuhkan untuk belajar atau menyelesaikan satu pekerjaan.

Misalnya, untuk mengerjakan tugas presentasi, Anda atur untuk menyelesaikannya dalam waktu 2 jam. 

Mungkin saat pertama kali mencoba Anda menemui kesulitan. Namun, dengan latihan dan ketekunan, Anda bisa berlahan terbiasa mengikuti durasi saat mengerjakan sesuatu.

  • Membuat perencanaan

Buat daftar apa saja yang akan Anda pelajari atau kerjakan lebih awal. Anda bisa menyiapkannya pada malam sebelumnya atau di pagi hari. 

Tulis apa saja yang penting untuk Anda kerjakan atau pelajari beserta waktunya. Cara ini bisa melatih kemampuan manajemen waktu agar Anda terbiasa. 

Anda juga tidak tergesa-gesa saat menyelesaikan suatu tugas karena memiliki banyak waktu.

Baca Juga: Lowongan kerja BUMN Desember 2020, Bank Mandiri buka dua posisi

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru