5 Cara jitu meningkatkan kemampuan manajemen waktu biar kerja lebih efektif

Selasa, 29 Desember 2020 | 13:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Cara jitu meningkatkan kemampuan manajemen waktu biar kerja lebih efektif

ILUSTRASI. 5 Cara jitu meningkatkan kemampuan manajemen waktu agar bekerja lebih efektif.


Mengembangkan Diri - Kemampuan manajemen waktu menjadi salah satu keterampilan yang penting dikuasai. Tidak hanya pekerja, pelajar juga perlu menguasai cara mengatur waktu agar belajar lebih efektif.

Manajemen waktu, bersumber dari Mindtools, adalah sebuah proses merencanakan pembagian waktu untuk kegiatan-kegiatan tertentu. Memiliki kemampuan manajemen waktu memungkinkan Anda bekerja lebih efektif. 

Anda bisa mengerjakan pekerjaan dengan lebih cepat, meskipun dalam tenggat dan tekanan yang tinggi. 

Manajemen waktu yang baik bisa membuat Anda lebih fokus. Membagi waktu ke beberapa pekerjaan penting akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik. 

Dengan manajemen waktu yang baik, Anda akan memiliki waktu untuk mengembangkan diri. 

Untuk menguasai manajemen waktu yang baik, Anda perlu latihan. Ada teknik-teknik yang bisa Anda terapkan agar kemampuan ini terasah. 

Dirangkum dari Forbes, berikut cara-cara yang bisa mengasah kemampuan manajemen waktu:

Baca Juga: 7 YouTuber dengan bayaran tertinggi di dunia tahun 2020, capai ratusan miliar rupiah

  • Tetapkan batas waktu

Baik saat belajar ataupun bekerja, buat jadwal waktu yang sesuai. Tentukan durasi waktu yang dibutuhkan untuk belajar atau menyelesaikan satu pekerjaan.

Misalnya, untuk mengerjakan tugas presentasi, Anda atur untuk menyelesaikannya dalam waktu 2 jam. 

Mungkin saat pertama kali mencoba Anda menemui kesulitan. Namun, dengan latihan dan ketekunan, Anda bisa berlahan terbiasa mengikuti durasi saat mengerjakan sesuatu.

  • Membuat perencanaan

Buat daftar apa saja yang akan Anda pelajari atau kerjakan lebih awal. Anda bisa menyiapkannya pada malam sebelumnya atau di pagi hari. 

Tulis apa saja yang penting untuk Anda kerjakan atau pelajari beserta waktunya. Cara ini bisa melatih kemampuan manajemen waktu agar Anda terbiasa. 

Anda juga tidak tergesa-gesa saat menyelesaikan suatu tugas karena memiliki banyak waktu.

Baca Juga: Lowongan kerja BUMN Desember 2020, Bank Mandiri buka dua posisi

 

  • MITs

Gunakan waktu Anda untuk mengerjakan most important tasks (MITs) atau pekerjaan yang paling penting. Bagi pekerja, manfaatkan waktu pagi untuk mengerjakan tugas-tugas yang krusial.  

Di pagi hari, tubuh masih memiliki energi yang penuh. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus mengerjakan pekerjaan yang sulit dan menantang. 

  • Ubah jadwal

Lakukan beberapa percobaan dengan mengubah jadwal kerja atau belajar. 

Cari waktu dan durasi yang pas untuk mengerjakan sesuatu. Jika sudah ketemu, Anda bisa lebih mudah mengikuti ritme tersebut. 

Temukan juga gaya bekerja atau belajar Anda. Hal ini bisa membuat belajar dan bekerja lebih efektif dan menghemat waktu.

  • Kerjakan pekerjaan yang sama bersamaan

Manajemen waktu yang baik bisa tercapai saat pekerjaan yang sama dikerjakan bersamaan. Di poin ini Anda butuh latihan karena dituntut untuk bisa multi tasking

Cara ini tidak cocok untuk pelajar. Lebih baik belajar satu materi sebelum pindah ke materi yang lain. Saat belajar, fokus otak sulit dipecah untuk menerima dua atau lebih materi. 

Selanjutnya: Ini cara melihat kuota SNMPTN 2021 di ltmpt.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: Tiyas Septiana

Terbaru