5 Jurusan kuliah unik di dunia, dari The Beatles sampai budidaya ganja

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 08:20 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Jurusan kuliah unik di dunia, dari The Beatles sampai budidaya ganja


Jurusan Kuliah -  JAKARTA. Jurusan kuliah di Indonesia bisa dibilang masih aman. Banyak universitas yang menyediakan jurusan "standar" dengan peluang kerja yang banyak pula. 

Tapi pernahkah Anda membayangkan jurusan kuliah unik dan tidak biasa? Ada berbagai jurusan kuliah di dalam dan luar Indonesia yang akan membuat Anda terheran-heran.

Jurusan-jurusan ini tidak hanya unik dan nyeleneh, tetapi juga membuat Anda berpikir. Anda mungkin membayangkan, jenis pekerjaan apa yang bisa dilakukan lulusan jurusan ini. Berikut ada 5 jurusan kuliah unik di dunia dan di Indonesia. 

  • Jurusan kuliah ilmu fermentasi

Jurusan kuliah yang pertama adalah ilmu fermentasi atau fermentation science. Jurusan ini bisa Anda temui di Appalachian State University. 

Jangan berharap jurusan ini mengajarkan tentang fermentasi untuk makanan seperti keju atau karbohidrat.

Baca Juga: Beasiswa S2 Pemerintah Denmark untuk jurusan teknik Beasiswa S2 Pemerintah Denmark untuk jurusan teknik
 
Fokus dari jurusan kuliah unik ini lebih kepada pembuatan minuman bir. Jurusan ini menerapkan ilmu biologi dan kimia dalam mata kuliahnya. 

Tujuan jurusan kuliah ini untuk mengetahui kualitas bir yang bagus. Dikutip dari Mental Floss, lulusan jurusan ini diharapkan memiliki dasar bisnis dan marketing

  • Jurusan kuliah puppetry

Mungkin jurusan kuliah ini cukup aneh dan tidak mungkin ada, tapi Anda bisa menemukan jurusan ini di University of Connecticut. 

Universitas yang terletak di Storrs, Amerika Serikat ini, menyediakan program master untuk puppetry atau boneka.

Jurusan ini mendalami tidak hanya tentang boneka atau wayang. Ada banyak aspek kesenian ini yang digali, mulai dari nilai historis hingga pengaruh politik. Jurusan kuliah ini mempelajari puppet dari berbagai negara.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru