O

5 Manfaat kencur yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda

Jumat, 16 April 2021 | 13:27 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat kencur yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat kencur yang bisa Anda dapatkan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda bisa mendapat banyak manfaat kencur jika mengonsumsinya secara rutin. Khasiat yang dimiliki jenis rempah itu berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Misalnya, zinc atau mineral dan vitamin yang lain.

Dengan rasa yang kuat, kencur juga bisa menaikkan cita rasa hidangan yang Anda masak. Mengutip dari Healthbenefitstimes.com, mengonsumsi kencur juga mampu meningkatkan nafsu makan. Cobalah untuk memberikan kencur pada anak yang susah makan atau orang dewasa yang baru saja sakit.

Selain meningkatkan nafsu makan, tentu saja masih banyak manfaat lain yang dimiliki kencur. Misalnya, menurunkan kolesterol, menambah energi, mengobati batuk, dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi kencur, kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan bisa terjaga.

Obat Batuk

Salah satu manfaat kencur adalah digunakan sebagai obat batuk. Pertama, ambil ekstrak kencur dengan cara memarut dan memerasnya terlebih dahulu. Setelah itu, campurkan seidkit air perasan lemon dan madu. Minum campuran itu tiga kali dalam sehari sampai batuk sembuh.

Baca Juga: Manfaat dan efek samping kunyit untuk kesehatan tubuh

Menurunkan Kolesterol

Healthbenefitstimes.com mengatakan bahwa kencur mampu meningkatkan produksi empedu. Artinya, kolesterol dan zat racun lain yang mengganggu tubuh dapat dibuang. Tidak hanya itu, mengonsumsi kencur juga bisa meningkatkan penyerapan nutrisi penting dalam tubuh.

Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat kencur yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jenis rempah itu mampu meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Antioksidan dalam kencur melawan radikal bebas penyebab penyakit. Jadi, kesehatan tubuh Anda akan tetap terjaga jika Anda mengonsumsi kencur secara rutin.

Baca Juga: Ini efek samping dan manfaat sereh untuk kesehatan tubuh

Menambah Energi

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi kencur dapat menambah energi tubuh? Anda hanya perlu minum air rebusan kencur tiap sebelum tidur. Seiring berjalannya waktu, energi Anda akan bertambah dan tetap stabil. Selain menambah energi, kencur juga mampu meningkatkan kewaspadaan dan mengatasi tubuh yang lelah.

Mengatasi Perut Kembung

Salah satu manfaat kencur adalah mengatasi perut kembung.

Kencur dapat mengatasi perut kembung yang membuat Anda tidak nyaman. Untuk mendapat manfaat kencur itu, rebus 3 cm kencur terlebih dahulu. Minum air rebusan itu sebanyak dua kali sehari agar perut kembung tak sering terjadi.

Selanjutnya: Jarang diketahui, ini manfaat lada untuk kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru