5 Manfaat sereh yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda

Selasa, 20 April 2021 | 11:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat sereh yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat sereh yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai macam manfaat sereh berasal dari nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Mulai dari vitamin A, antioksidan, vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, dan vitamin serta mineral yang lain. Untuk bisa mendapat manfaat bahan alami itu, Anda perlu mengonsumsinya secara rutin.

Melansir Lybrate (lybrate.com), mengonsumsi sereh dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, misalnya kanker hati dan kanker payudara. Kandungan dalam sereh akan melindungi sel sehat dalam tubuh Anda sehingga kondisi kesehatan tubuh bisa tertap terjaga.

Selain menghambat pertumbuhan sel kanker, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi sereh. Misalnya, mengatasi insomnia, mengurangi berat badan, meningkatkan sistem imun tubuh, dan lain sebagainya.

Menurunkan Berat Badan

Citral adalah salah satu kandungan dalam sereh yang memegang peranan penting. Kandungan itu mampu menghambat pembentukan lemak di perut dan meningkatkan produksi energi dari lemak. Jadi, sereh cocok dikonsumsi oleh Anda yang memiliki kelebihan berat badan.

Selain itu, citral juga dapat meningkat oksidasi asam lemak sehingga metabolisme dalam tubuh meningkat. Cobalah untuk minum air rebusan sereh secara rutin atau mengolahnya menjadi menu diet yang Anda konsumsi sehari-hari.

Baca Juga: Tak disangka, daun mangga efektif menurunkan asam urat tinggi

Menjaga Kondisi Kulit

Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak dan mudah berjerawat? Jika iya, cobalah untuk mengatasinya dengan memakai sereh. Manfaat sereh itu berasal dari antiseptik dan astringen alami yang terkandung di dalamnya.

Mengatasi Insomnia

Lybrate mengatakan bahwa sereh dapat membuat sistem saraf dan otot rileks sehingga penyakit susah tidur atau insomnia bisa Anda atasi. Tak hanya membuat Anda tidur lebih cepat, sereh juga bisa menambah durasi dan kualitas tidur sehingga kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan menjadi lebih baik.

Baca Juga: 6 Manfaat air kelapa untuk kesehatan: meredakan asam lambung sampai gula darah

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Nutrisi yang terkandung dalam sereh mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih kuat melawan serangan benda asing penyebab berbagai jenis penyakit. Saat sistem imun terjaga, fungsi-fungsi dalam tubuh juga bisa bekerja secara optimal.

Mengontrol Kolesterol

Salah satu manfaat sereh adalah mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh.

Manfaat sereh lainnya adalah mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh. Saat jumlah kolesterol terjaga, risiko penyakit jantung pun menurun. Hal itu disebabkan karena kolesterol yang biasanya menyumbat aliran darah berkurang sehingga Anda pun dapat terhindar dari penyakit jantung.

Selanjutnya: 5 Manfaat kencur yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda

Editor: Belladina Biananda
Terbaru