5 Penyebab gangguan fungsi hati, perlu Anda waspadai

Kamis, 28 Oktober 2021 | 19:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Penyebab gangguan fungsi hati, perlu Anda waspadai

KONTAN.CO.ID - Hati memegang peranan penting dalam kesehatan Anda. Itu sebabnya, gangguan fungsi hati perlu Anda waspadai.

Anda perlu memerhatikan faktor apa saja yang bisa menyebabkan penyakit hati. Dengan begitu, risiko kesehatan yang lebih parah dapat Anda hindari.

Ada beragam fungsi hati dalam tubuh. Beberapa di antaranya adalah mengubah makanan menjadi energi, mencerna nutrisi menjadi senyawa yang dibutuhkan tubuh, dan menyaring zat racun yang berbahaya untuk tubuh.

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan fungsi hati terganggu. Segera periksakan diri ke dokter apabila merasakan beberapa gejala yang menunjukkan adanya masalah pada hati Anda, ya.

Masalah pada sistem imun

Sistem imun berguna untuk melindungi tubuh dari infeksi penyakit. Sayangnya, sistem imun tubuh yang bermasalah justru menyerang tubuh Anda, tak terkecuali hati.

Mengutip dari Web MD, ada beberapa jenis gangguan fungsi hati karena sistem imun tubuh yang bermasalah. Mulai dari hepatitis autoimun, primary biliary cholangitis, hingga primary schlerosing cholangitis.

Jika Anda membiarkannya, kondisi hati bisa memburuk. Bahkan, risiko pertumbuhan sel kanker pun meningkat.

Baca Juga: Hari jantung sedunia, simak cara mencegah serangan jantung kambuh lagi

Penyakit wilson

Penyakit wilson adalah kondisi di mana terlalu banyak copper yang menumpuk dalam hati. Selain menyerang hati, hal itu juga bisa mengganggu sistem saraf. Bisanya, gejala awal penyakit wilson muncul di usia 6 hingga 35 tahun.

Hepatitis

Hepatitis adalah gangguan fungsi hati yang cukup umum terjadi. Infeksi virus menyebabkan hati inflamasi atau meradang.

Ada tiga jenis hepatitis yang dapat Anda alami, yaitu hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C. Untuk menghindari infeksi, Anda perlu benar-benar menerapkan pola hidup sehat.

Baca Juga: Inilah cara mengobati radang sendi, bisa pakai obat atau alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru