6 Manfaat buah nanas, bisa jadi penurun berat badan

Selasa, 07 September 2021 | 09:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Manfaat buah nanas, bisa jadi penurun berat badan

ILUSTRASI. Manfaat buah nanas berguna untuk kesehatan tubuh Anda.


KESEHATAN - JAKARTA. Selain memiliki rasa yang lezat, masih banyak manfaat buah nanas yang bisa Anda dapat. Rutin mengonsumsi jenis buah itu mampu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tentu saja hal itu terjadi karena nutrisi dalam buah nanas.

Mengutip dari Everyday Health (everdydayhealth.com), buah nanas kaya akan vitamin C, serat, vitamin B, mangan, dan jenis vitamin serta mineral yang lain. Cara mendapat manfaat nanas pun tak sulit. Anda bisa mengonsumsinya langsung, mengolahnya jadi salad atau jus, dan lain sebagainya.

Namun, jangan lupa untuk tidak menggunakan pemanis tambahan, ya. Hindari pula mengolah buah nanas dengan cara yang tidak sehat, misalnya dengan dibakar atau dipanggang. Dengan menghindari beberapa hal itu, khasiat buah nanas bisa Anda dapat secara maksimal.

Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda sedang mencari cara menurunkan berat badan? Jika iya, tak ada salahnya untuk memasukkan buah nanas dalam menu diet sehari-hari. Menurut penelitian, manfaat jus nanas adalah memecah lemak yang menumpuk dalam tubuh dan mencegah penumpukan lemak di kemudian hari.

Baca Juga: 6 jus buah yang efektif mengontrol dan menurunkan gula darah tinggi

Meningkatkan Kesehatan tulang

Selain mengandung banyak mangan, buah nanas mengandung banyak kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang. Artinya, penyakit osteoporosis dapat Anda hindari. Meski demikian, usahakan untuk tidak mengonsumsi nanas terlalu banyak karena bisa memicu gangguan kognitif.

Meningkatkan Sistem Imun

Supaya kesehatan tubuh tetap terjaga, cobalah untuk mengonsumsi nanas secara teratur. Alasannya karena jenis buah itu mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Melansir Everyday Health (everydayhealth.com), makan 140 g nanas bisa mencegah infeksi penyakit.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat buah nanas berikutnya adalah menjaga sistem pencernaan dalam tubuh Anda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa enzim, salah satu enzim dalam nanas, baik untuk organ pencernaan dan bisa mengurangi efek diare. Selain itu, bromelain juga bisa meredakan inflamasi di saluran pernapasan.

Baca Juga: Cara mengobati kutil secara alami, bisa pakai bawang putih, cuka apel, nanas dll

Mengurangi Peradangan

Salah satu manfaat buah nanas adalah mengurangi peradangan.

Manfaat buah nanas selanjutnya adalah jenis buah itu mampu mengurangi peradangan dalam tubuh yang muncul akibat berbagai jenis penyakit. Misalnya, penyakit jantung, diabetes, kanker, dan lain sebagainya.

Mencegah Kanker

Mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker termasuk khasiat nanas yang perlu Anda ketahui. Manfaat nanas untuk kesehatan datang dari banyaknya antioksidan yang terdapat di dalamnya. Namun, tentu saja Anda harus membicarakan hal tersebut dengan dokter untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Selanjutnya: Benarkah air rebusan buah nanas bisa menurunkan berat badan? Ini kata dokter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru