6 Manfaat minum air lemon untuk kesehatan tubuh Anda

Rabu, 01 September 2021 | 10:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Manfaat minum air lemon untuk kesehatan tubuh Anda

ILUSTRASI. Ada berbagai macam manfaat minum air lemon yang bisa Anda dapatkan. (Joe Lingeman/The Kitchn)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minum air lemon sebaiknya Anda jadikan kebiasaan. Bukan tanpa alasan, ada banyak manfaat minum air lemon yang berguna untuk tubuh Anda. Jenis buah itu mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat.

Seperti yang kita tahu, lemon dipenuhi dengan vitamin C. Tidak berhenti sampai di situ, Lifehack (lifehack.org) mengatakan bahwa lemon juga memiliki vitamin B kompleks, zat besi, kalsium, serat, dan nutrisi-nutrisi yang lain.

Sebenarnya, lemon bisa Anda kombinasikan dengan bahan alami lain. Namun, mencampurnya dengan air memudahkan Anda untuk mengonsumsinya. Mencampur lemon dengan air juga bisa mengatur keasaman sehingga enamel gigi Anda tak rusak.

Meski manfaat lemon ada banyak, tapi bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah banyak, ya. Usahakan untuk mengonsumsi lemon dalam porsi yang pas supaya manfaatnya bisa dirasakan tubuh secara maksimal.

Baca Juga: 7 Obat alami untuk asam urat, bisa dibuat sendiri di rumah

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat air lemon yang pertama adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Mulai dari mengurangi sendawa, mengatasi perut kembung, dan memaksimalkan fungsi saluran pencernaan sehingga banyak zat racun yang lebih mudah dikeluarkan.

Menurunkan Berat Badan

Lemon bisa Anda manfaatkan sebagai penurun berat badan, lo. Seperti yang telah dikatakan, jenis buah itu mengandung serat yang mana mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tentu saja cara menurunkan berat badan yang lain tetap perlu Anda praktikkan.

Meningkatkan Sistem Imun

Supaya tubuh tak mudah terinfeksi penyakit, Anda perlu memiliki sistem imun tubuh yang kuat. Nah, hal itu bisa Anda dapat dengan rutin minum lemon. Tentu saja khasiat lemon itu datang dari banyaknya vitamin C yang terkandung dalam lemon.

Mencegah Infeksi Virus

Sehubungan dengan poin sebelumnya, rutin mengonsumsi lemon bisa menurunkan risiko terinfeksi virus. Untuk memaksimalkan manfaat itu, cobalah untuk minum air lemon hangat. Selain melawan infeksi virus, jenis minuman itu juga efektif mengobati sakit tenggorokan.

Baca Juga: Mudah Anda coba, ini 5 cara menghilangkan jerawat secara alami

Menghilangkan Bau Mulut

Manfaat minum air lemon selanjutnya adalah menghilangkan bau mulut tak sedap. Terlebih bau mulut yang terjadi karena gingivitis, sakit gigi, atau masalah serupa. Setiap selesai minum air lemon, jangan lupa untuk langsung menyikat gigi, ya. Tujuannya supaya lapisan gigi tak rusak karena kandungan asam dalam lemon.

Menyamarkan Noda Hitam

Salah satu manfaat minum air lemon adalah menyamarkan noda hitam di kulit.

Manfaat minum air lemon berikutnya adalah menyamarkan noda hitam di kulit. Tak hanya itu, antioksidan dalam lemon juga efektif mencegah kemunculan kerutan, garis halus, dan tanda penuaan yang lain.

Selanjutnya: Konsumsi rutin! Ini 7 Bumbu dapur yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh

Editor: Belladina Biananda
Terbaru