7 Pekerjaan yang cocok buat kepribadian introvert & tidak perlu bertemu banyak orang

Selasa, 16 November 2021 | 13:06 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
7 Pekerjaan yang cocok buat kepribadian introvert & tidak perlu bertemu banyak orang

ILUSTRASI. 7 Pekerjaan yang cocok buat kepribadian introvert & tidak perlu bertemu banyak orang. TRIBUNNEWS/HERUDIN


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Banyak yang beranggapan jika orang-orang dengan kepribadian introvert tidak bisa sukses karena tidak suka bertemu banyak orang. Padahal ada banyak profesi yang bisa membuat orang-orang introvert sukses.

Mengutip dari www.healthline.com, menurut psikolog Carl Jung, introvert adalah orang yang menghindari interaksi sosial yang berlebihan.

Para introvert lebih senang bekerja secara individu. Mereka juga membutuhkan waktu untuk sendiri untuk mengembalikan energi.

Seorang introvert bukan berarti mereka tidak suka bergaul. Mereka hanya lebih senang berteman dengan sedikit orang serta menyukai ketenangan.

Baca Juga: BUMN Nindya Karya buka lowongan kerja terbaru di banyak posisi, ini syarat daftarna

Kebanyakan masyarakat percaya jika senang bergaul dan berinteraksi sosial dengan banyak orang berarti lebih sukses karena memiliki jaringan yang luas

Saat ini ada banyak sekali pekerjaan yang tidak perlu bertemu dengan banyak orang namun menghasilkan pundi-pundi uang yang cukup banyak.

Apa saja pekerjaan tersebut? Berikut ini beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk orang introvert, dirangkum dari www.indeed.com.

Penulis

Anda senang dengan dunia tulis menulis terlebih Anda juga seorang dengan kepribadian introvert? Profesi sebagai penulis cocok untuk ditekuni para introvert.

Menulis tidak membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain. Jadi Anda bisa nyaman saat bekerja tanpa takut harus berhubungan dengan banyak orang.

Menjadi novelist atau penulis artikel bisa Anda jajal sebagai sumber penghasilan yang cukup menjanjikan.

Akuntan

Ingin bekerja kantoran tapi Anda seorang introvert? Cobalah profesi sebagai akuntan.

Jenis pekerjaan ini selalu dibutuhkan di setiap instansi baik itu instansi pemerintah maupun swasta. Anda bisa menemukan banyak sekali lowongan untuk posisi sebagai akuntan.

Profesi ini fokus pada angka-angka dan keuangan perusahaan sehingga Anda tidak perlu banyak bertemu dengan orang taua karyawan lain.

Peneliti

Menjadi peneliti juga pas untuk para introvert. Profesi ini membutuhkan ketelatenan yang tinggi dan ketekunan.

Menjadi peneliti pas untuk Anda yang suka bekerja sendiri dan jauh dari keributan. Untuk menjadi seorang peneliti, Anda perlu mengambil jurusan perkuliahan yang sesuai untuk menunjang pekerjaan.

Graphic designer

Graphic designer menjadi salah satu pilihan pekerjaan untuk introvert. Anda hanya perlu bertemu dengan klien lalu membuat desain yang mereka inginkan.

Bahkan konsultasi dengan pelanggan bisa dilakukan via email atau pesan singkat. Sangat minim interaksi dan cocok untuk Anda yang introvert.

Mengingat sekarang banyak pelaku bisnis dan usaha yang berlomba-lomba mempercantik produk mereka, jasa seorang graphic designer akan selalu dibutuhkan.

Editor

Mengedit sebuah tulisan membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Tapi yang terpenting adalah menjadi editor tidak banyak berinteraksi dengan orang.

Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang pemalu dan menghindari kebisingan. Anda tidak perlu banyak bertemu orang kecuali benar-benar penting.

Tidak hanya dalam hal tulis menulis saja, editor juga dibutuhkan untuk menyunting gambar untuk berbagai macam keperluan seperti produk dan poster.

Pustakawan

Pekerjaan ini cocok untuk pria dan wanita yang introvert, terlebih para bookworm. Pustakawan bertanggungjawab mengorganisir buku yang ada di perpustakaan.

Mereka juga membantu pengunjung untuk mendapatkan buku dan mengerjakan tugas administrasi lainnya.

Banyak instansi seperti pendidikan hingga pemerintah yang membutuhkan pustakawan untuk mengelola perpustakaan dan data perusahaan.

Software engineer

Pekerjaan sebagai software engineer juga cocok untuk introvert. Para ahli software ini bertugas untuk membuat dan mengembangkan perangkat lunak.

Anda bisa bekerja di perusahaan atau bekerja lepas secara mandiri. Pekerjaan ini tidak membutuhkan banyak interaksi dengan orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru