7 Universitas tertua di dunia, kebanyakan ada di Eropa

Sabtu, 26 September 2020 | 14:50 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
7 Universitas tertua di dunia, kebanyakan ada di Eropa


PERGURUAN TINGGI -  Universitas mana yang menyandang gelar universitas tertua di dunia? Sebagian besar dari Anda mungkin menjawab: Universitas Al-Azhar atau University of Oxford. 

Dua universitas ini memang masuk di daftar universitas tertua di dunia. Tapi, mereka bukanlah yang tertua. 

Universitas merupakan institusi pendidikan yang ditempuh setelah lulus SMA. Banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk masuk ke universitas terbaik. 

Universitas sudah lama menjadi tempat orang mendapatkan ilmu yang mendalam. Tercatat, banyak universitas yang berdiri bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka. 

Penasaran universitas mana saja yang tertua di dunia? Berikut daftar universitas tertua di dunia yang KONTAN.co.id rangkum dari QS Top University dan Collegestats.org:

Baca Juga: 7 Fakultas hukum terbaik di dunia tahun 2020, incaran calon ahli hukum

  • University of Al-Karaouine.

Di urutan pertama universitas tertua di dunia ada University of Al-Karaouine. Universitas ini terletak di Fez, Maroko, dan awalnya berupa masjid. 

Masjid tersebut pertama kali didirikan oleh Fatima al-Fihri pada 859. University of Al-Karaouine diakui sebagai universitas tertua di dunia oleh Guinness Book of World Records.

  • Al-Azhar University

Al-Azhar University merupakan universitas tertua di Mesir. Universitas ini berdiri antara tahun 970-972. Al-Azhar University merupakan universitas pertama yang menjadi pusat pembelajaran Islam. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru