8 Sekolah Kedinasan yang Lulus Langsung Jadi CPNS, Simak Profil Singkatnya

Kamis, 08 Desember 2022 | 16:03 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
8 Sekolah Kedinasan yang Lulus Langsung Jadi CPNS, Simak Profil Singkatnya

ILUSTRASI. 8 Sekolah Kedinasan yang Lulus Langsung Jadi CPNS, Simak Profil SIngkatnya


PERGURUAN TINGGI -  Melanjutkan pendidikan ke Sekolah kedinasan bisa menjadi pilihan bagi siswa. Lulusan dari Sekolah Kedinasan bisa langsung menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bahkan beberapa diantaranya gratis biaya pendidikan.

Bersumber dari situs resmi Dikdin BKN, informasi tentang pendaftaran seleksi Sekolah Kedinasan tahun 2023 belum dirilis secara resmi.

Sekolah kedinasan merupakan institusi pendidikan tinggi yang dikelola oleh lembaga pemerintah maupun kementerian di Indonesia. Banyak dari sekolah kedinasan yang menggratiskan biaya pendidikan hingga pelajar selesai menempuh pendidikan. 

Setiap tahunnya dibuka pendaftaran calon mahasiswa atau taruna sekolah kedinasan oleh Badan Kepegawaian Negara atau BKN. Tahun ini ada sebanyak 8 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran calon mahasiswa baru.   

Baca Juga: Daftar Terlengkap UMK 27 Kabupaten/Kota Jawa Barat 2023, Karawang Rp 5 Juta Lebih!

Berbeda dengan seleksi penerimaan mahasiswa di PTN maupun PTS, sekolah kedinasan menggunakan sistem CAT BKN dalam seleksi penerimaan mahasiswa barunya. 

Sebagai referensi, berikut ini daftar sekolah kedinasan yang bisa jadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan.  

8 Sekolah kedinasan yang lulusannya kadi CPNS

  • PKN STAN 

Sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan adalah PKN STAN. Sekolah ini sudah lama dikenal sebagai salah satu sekolah kedinasan yang banyak diincar oleh siswa. 

Melansir laman PKN STAN, ada empat jurusan yang tersedia di STAN yaitu Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Cukai, serta Manajemen Keuangan. Jenjang pendidikan yang bisa dipilih siswa mulai dari D1 hingga D4. 

Pada tahun 2021 dan 2022, seleksi Sekolah Kedinasan PKN STAN menggunakan nilai UTBK. Artinya jika peserta tidak mengikuti UTBK maka peserta tersebut tidak bisa mendaftar ke PKN STAN.

  • IPDN

Institusi Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adakah sekolah kedinasan di bawah Kementerian Dalam Negeri. Seperti halnya STAN, IPDN juga menjadi favorit siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. 

IPDN menyediakan tiga fakultas yang bisa dipilih oleh siswa yaitu: Fakultas Politik Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, dan Fakultas Perlindungan Masyarakat.

  • Poltekip dan Poltekim

Ada dua politeknik yang berada di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, yaitu Politeknik Ilmu Permasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim). Anda bisa memilih salah satu diantara dua politeknik kedinasan tersebut. 

  • Kementerian Perhubungan 

Sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan ada 18 politeknik yang terbagi menjadi tiga kategori: politeknik transportasi darat, laut, dan udara.

Politeknik tersebut berlokasi di beberapa wilayah di Indonesia seperti PTDI-STTD di Depok, Politeknik Ilmu Pelayaran di Semarang, dan Politeknik Penerbangan di Jayapura. 

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Cara Jitu Menghindari Penipuan Berkedok WA Kiriman Paket File APK

  • STIS

Badan Pusat Statistik atau BPS memiliki sekolah kedinasan yang banyak didaftar oleh pelajar yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Statistika atau STIS. 

Melansir laman STIS, ada tiga jurusan yang bisa Anda pilih, yakni D3 Statistika, D4 Statistika, dan D4 Komputasi Statisik.  

  • STIN

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) merupakan sekolah kedinasan favorit di bawah naungan Badan Intelijen Negara atau BIN. 

Dikutip dari situs resmi STIN, calon taruna akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti bebas biaya kuliah hingga lulus, asrama, hingga diangkat sebagai CPNS jika sudah lulus.

  • Poltek SSN

Sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) adalah Politeknik Siber dan Sandi Negara atau disingkat Poltek SSN. 

Melansir laman Poltek SSN, ada tiga program studi yang tersedia di Poltek SNN: Rekayasa Keamanan Siber, Rekayasa Kriptografi, dan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi. 

  • Badan Meterologi, Kilmatologi dan Geofisika (BMKG)

Sekolah kedinasan selanjutnya yang lulusannya bisa langsung menjadi CPNS adalah Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau STMKG. 

Bersumber dari STMKGSTMKG merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Program studi yang tersedia adalah Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, Instrumentasi.

Itulah profil singkat Sekolah Kedinasan di Indonesia yang setelah lulus bisa langsung menjadi CPNS. Meskipun pendaftaran belum dibuka, siswa bisa mulai mempelajari soal-soal tes dan mencari informasi terkait seleksi ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru