Ada, lo, manfaat memelihara hewan di masa pandemi

Selasa, 20 Juli 2021 | 06:45 WIB Sumber: Klikdokter,CNN
Ada, lo, manfaat memelihara hewan di masa pandemi

KONTAN.CO.ID - Pandemi COVID-19 tak hanya memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik tubuh, tetapi juga kesehatan mental. Kesehatan mental ini terganggu karena seseorang harus melakukan banyak hal di rumah saja, seperti bekerja, sekolah, berbelanja, dan lainnya. Orang-orang banyak mengeluh tertekan karena rasa bosan.

Sebenarnya, ada banyak alternatif penghilang stres yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah memelihara hewan peliharaan.

Dilansir cnnindonesia.com, melalui studi terbaru yang dirilis oleh jurnal Letter One, pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing memiliki efek positif hingga 50% lebih sehat dibanding dengan orang yang tak memiliki hewan peliharaan.

Baca Juga: Kemensos validasi penerima BLT UMKM, cek namamu di https://banpresbpum.id

Dalam penelitian ini, peneliti melihat berbagai kondisi kesehatan seperti kardiovaskular dan mental, aktivitas fisik, hingga kesejahteraan pemilik hewan peliharaan. Hasilnya, orang dewasa dengan hewan peliharaan 60% lebih aktif secara fisik. Gaya hidup yang aktif karena sering bermain dengan hewan peliharaan akan membuat seseorang memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih optimal. Tubuh juga akan lebih bugar karena sering bergerak.

Orang yang memiliki hewan peliharaan juga memiliki kesehatan emosional yang lebih baik, seperti mampu melawan kesepian, meningkatkan keterampilan, dan perilaku sosial. Hal ini didapatkan lewat sentuhan dengan hewan peliharaan.

Baca Juga: Cara mengatasi KIPI, efek vaksin Covid-19 yang biasa terjadi setelah penyuntikan

Dilansir klikdokter.com, 90% orang merasa bahwa menyentuh dan disentuh hewan peliharaan dapat menghilangkan rasa sedih, tertekan, dan trauma. Mengelus punggung dan kepala hewan dapat menurunkan hormon stres dan membangkitkan neurotransmitter alami tubuh untuk meredakan nyeri. Dengan ini, detak jantung menjadi lebih stabil dan tekanan darah tinggi perlahan turun.

Bagi anak-anak yang tumbuh dengan memiliki hewan peliharaan di rumah akan cenderung tidak memiliki alergi. Mereka juga akan terlatih tanggung jawab dan pengasuhan, serta akan merasa lebih terhibur meski hanya di rumah saja.

Selanjutnya: Keren, Manfaat Tidur Siang untuk Tubuh Sebanyak Ini

 

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru