​Apa Arti 1312 ACAB dalam Bahasa Gaul? Simak Asal Usul Istilah ACAB

Kamis, 09 November 2023 | 14:27 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Apa Arti 1312 ACAB dalam Bahasa Gaul? Simak Asal Usul Istilah ACAB


Arti 1312 ACAB - ACAB adalah istilah yang ingin diketahui oleh pengguna media sosial terutama TikTok. ACAB artinya dalam bahasa gaul adalah istilah untuk mengekspresikan kekecewaan dan protes terhadap tindakan tidak etis yang dilakukan oleh penegak hukum terutama polisi. 

Dirangkum dari laman Distractify.com, ACAB adalah akronim dari "All Cops are Bastards" yang artinya "Semua Polisi adalah Bajingan,". 

Sementara 1312 ACAB artinya kode ACAB dalam bentuk numeric, yakni 1 sama dengan A, 3 sama dengan C, 1 sama dengan A, dan 2 sama dengan B. 

Lantas, seperti apa awalnya kode ini bisa muncul dan banyak digunakan di media sosial terutama TikTok? 

Baca Juga: TikTok Shop Tutup, Begini Efeknya Bagi Bisnis Jasa Pengiriman

Awal mula istilah ACAB dan penggunaanya 

Arti kata ACAB di TikTok

Asal usul istilah ACAB secara pasti belum dapat diketahui. Namun, dikutip dari laman GQ.com, istilah ACAB pertama kali muncul di Inggris pada paruh pertama abad ke-20. 

Pada tahun 1940-an, istilah ACAB dengan frasa "All Copers are Bastards" digunakan oleh para pekerja yang melakukan mogok kerja. Namun, ACAB baru digunakan secara luas pada 1970 saat Daily Mirror memuat frasa tersebut sebagai berita utama. 

Beritanya berisi seorang remaja yang membordir frasa ‘’ACAB’’ di jaketnya  yang mengira itu adalah singkatan dari “All Canadians are Bums” atau “Semua Orang Kanada adalah Gelandangan.”

Baca Juga: Negara di Asean Ramai-ramai Menyoroti Gaya Berbisnis Tiktok

Remaja itu mengaku membordir ‘’ACAB” setelah melihat atribut club motor Hells Angel ia kemudian didenda sebanyak lima paun.

Judul berita utama tersebut membuat akronim ACAB semakin populer bagi generasi muda, terutama yang merasa muak dipermainkan polisi. 

ACAB makin moncer berkat subkultur punk gerakan ini disebut berjasa menyebarkannya ke seluruh dunia, dari Inggris, Amerika, hingga Indonesia.  ACAB kini sering digunakan untuk mengekspresikan gerakan anarkis, pemberontakan, dan anti otoriter. 

Demikian penjelasan mengenai ACAB artinya dalam bahasa gaul. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru