Apa Arti Dirgahayu Menurut KBBI? Pengertian, Penggunaan, dan Perbedaan dengan HUT

Jumat, 16 Agustus 2024 | 15:13 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Apa Arti Dirgahayu Menurut KBBI? Pengertian, Penggunaan, dan Perbedaan dengan HUT

ILUSTRASI. Arti Dirgahayu Menurut KBBI, Penggunaan Kata, dan Perbedaan dengan HUT. KONTAN/Fransiiskus Simboilon


CARI TAHU - JAKARTA. Cek arti Dirgahayu menurut KBBI, penggunaan, hingga perbedaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT). Kata Dirgahayu tentu kerap muncul menjelang tanggal 17 Agustus.

Tentunya, ini juga berkaitan dengan Kemerdekaan Republik Indonesia yang dirayakan setiap tanggal tersebut sejak tahun 1945.

Lalu, apa arti Dirgahayu menurut KBBI? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), "dirgahayu" artinya kata yang berarti "panjang umur" atau "berumur panjang."

Kata ini sering digunakan dalam konteks ucapan selamat atau perayaan, terutama yang berhubungan dengan peringatan hari berdirinya suatu lembaga, organisasi, atau negara.

Baca Juga: Seksama atau Saksama yang Benar Menurut KBBI? Ini Arti dan Contoh Penggunaan

Gladi bersih pengibaran bendera di Sea World

Kata ini berasal dari bahasa Sanskerta "dirgha" yang berarti panjang dan "ayu" yang berarti usia atau umur. Jadi, dirgahayu secara harfiah berarti "panjang umur" atau "semoga panjang umur."

Kemudian, bagaimana cara menggunakan kata Dirgahayu pada sebuah kalimat atau konteks tertentu? Simak penjelasan berikut ini.

Penggunaan Kata Dirgahayu

Penggunaan kata ini biasanya dalam konteks formal, seperti peringatan kemerdekaan atau ulang tahun institusi.

Sebagai contoh adalah kalimat "Dirgahayu Republik Indonesia" yang berarti "Selamat Ulang Tahun Republik Indonesia" dengan harapan negara tersebut tetap panjang umur dan jaya.

Lalu, apa perbedaan dengan penulisan Hari Ulang Tahun? Berikut ini penjelasan terkait perbedaan Dirgahayu dan Hari Ulang Tahun.

Baca Juga: Apa Arti Joki Menurut KBBI? Ini Pengertian, Jenis, dan Penggunaan dalam Bahasa Gaul

Perbedaan dengan "Hari Ulang Tahun"

Pada dasarnya, kata "Hari Ulang Tahun" merujuk pada hari peringatan kelahiran, berdirinya sebuah organisasi, atau suatu peristiwa penting. Hal ini terkait dengan kejadian untuk mengingat tanggal tersebut di masa lalu.

Dalam konteks ini, "hari ulang tahun" lebih spesifik dan umum digunakan untuk individu atau institusi.

Sementara, untuk arti kata Dirgahayu dapat digunakan sebagai bagian dari ucapan selamat yang lebih formal dan biasanya ditujukan untuk entitas yang lebih besar seperti negara atau organisasi, dengan harapan keberlangsungan dan kejayaan di masa depan.

Jadi, "hari ulang tahun" mengacu pada peristiwa atau tanggal peringatan, sedangkan "dirgahayu" adalah ucapan yang mengandung doa atau harapan panjang umur dan kelangsungan, khususnya dalam konteks perayaan tersebut.

Itulah penjelasan terkait arti Dirgahayu menurut KBBI yang muncul menjelang peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selanjutnya: Ada Program Makan Siang Bergizi, Anggaran Pendidikan Naik Jadi Rp 722 Triliun

Menarik Dibaca: Katalog Promo JSM Alfamidi Spesial Kemerdekaan Periode 16-18 Agustus 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru