Apa itu Dogecoin, uang kripto yang disokong Elon Musk?

Rabu, 19 Mei 2021 | 14:04 WIB Sumber: Wikipedia
Apa itu Dogecoin, uang kripto yang disokong Elon Musk?

ILUSTRASI. Uang kripto Dogecoin.

Dogecoin (DOGE) adalah mata uang kripto ciptaan insinyur perangkat lunak Billy Markus dan Jackson Palmer. Mereka memutuskan untuk membuat sistem pembayaran yang bebas dari biaya perbankan tradisional.

Dogecoin menampilkan wajah anjing Shiba Inu dari meme "Doge" sebagai logo dan senama. Dogecpin diperkenalkan pertama kali pada 6 Desember 2013, dan dengan cepat mengembangkan komunitas online-nya sendiri.

Sampai 5 Mei 2021 nilai kapitalisasi pasar Dogecoin mencapai US$ 85.314.347.523.

Baca Juga: Mengenal seluk beluk Dogecoin (Doge)

Penemu Dogecoin (DOGE)

Dogecoin (DOGE) dibuat oleh insinyur perangkat lunak Billy Markus dan Jackson Palmer. Mereka membuat Dogecoin sebagai matauang digital peer-to-peer yang dapat menjangkau orang secara demografis lebih luas daripada Bitcoin.

Dogecoin secara resmi diluncurkan pada 6 Desember 2013, dan dalam 30 hari pertama ada lebih dari satu juta pengunjung ke Dogecoin.com.

Lonjakan Awal Harga Dogecoin (DOGE)

Pada 19 Desember 2013, nilai Dogecoin (DOGE) melonjak hampir 300 persen dalam 72 jam. Waktu itu harga Dogecoin naik dari US $ 0,00026 menjadi $ 0,00095. dengan volume miliaran Dogecoin per hari.

Pertumbuhan harga Dogecoin ini terjadi pada saat bitcoin dan banyak mata uang kripto lainnya terguncang dari keputusan China untuk melarang bank-bank di China berinvestasi ke dalam ekonomi bitcoin.

Namun, tiga hari kemudian, Dogecoin turut mengalami kemerosotan besar (crash) pertamanya dengan harga turun hingga 80%. Selain kabar dari China tadi, penurunan juga terpicu oleh banyaknya mining pool yang mengeksploitasi sejumlah kecil daya komputasi yang diperlukan pada saat menambang Dogecoin.

Baca Juga: Bitcoin hingga Dogecoin tumbang, ini 10 hal penting sebelum beli kripto

Pencurian Besar Dogecoin (DOGE)

Pada tanggal 25 Desember 2013, pencurian besar pertama Dogecoin (DOGE) terjadi ketika jutaan koin dicuri selama peretasan di platform dompet cryptocurrency online Dogewallet.

Peretas memperoleh akses ke sistem file platform Dogecoin dan memodifikasi halaman kirim-terima untuk mengirim setiap dan semua Dogecoin ke alamat statis.

Insiden peretasan Dogecoin ini meningkatkan tweet tentang Dogecoin, menjadikannya altcoin yang paling banyak disebutkan di Twitter pada saat itu, meskipun mengacu pada peristiwa negatif.

Untuk membantu mereka yang kehilangan dana di Dogewallet setelah pelanggarannya, komunitas Dogecoin memulai inisiatif bernama "SaveDogemas" untuk membantu menyumbangkan koin kepada mereka yang telah mencurinya.

Kira-kira satu bulan kemudian, uang hasil isumbangan cukup untuk menutupi semua Dogecoin yang dicuri.

Dogecoin (DOGE) Menyalip Bitcoin

Pada bulan Januari 2014, volume perdagangan bulanan Dogecoin (DOGE) secara singkat melampaui Bitcoin dan gabungan semua mata uang kripto lainnya.

Namun kapitalisasi pasarnya secara substansial tetap berada di belakang Bitcoin. Awalnya, Dogecoin menampilkan hadiah acak yang diterima untuk setiap blok penambangan, namun, pada Maret 2014 perilaku ini kemudian diperbarui menjadi hadiah blok statis.

Selama tahun 2017 hingga awal gelembung mata uang kripto 2018, Dogecoin secara singkat mencapai puncak $ 0,017 / koin pada 7 Januari 2018, menempatkan total kapitalisasi pasarnya mendekati USD 2 miliar.

Pada Juli 2020, harga Dogecoin melonjak mengikuti tren TikTok yang bertujuan untuk membuat harga koin menjadi $ 1.

Baca Juga: Ini alasan Elon Musk tangguhkan rencana menerima pembelian Tesla dengan bitcoin

Fenomena Dogecoin (DOGE) Tahun 2021

Pada Januari 2021, Dogecoin (DOGE) naik lebih dari 800% dalam 24 jam, mencapai harga $ 0,07, sebagai hasil dari perhatian dari pengguna Reddit, sebagian didorong oleh Elon Musk.

Pada Februari 2021 Dogecoin mencapai harga tinggi baru $ 0,08 menyusul dorongan Twitter dari Musk, Snoop Dogg dan Gene Simmons.

Pada Maret 2021, pemilik Dallas Mavericks Mark Cuban mengumumkan tim NBA-nya akan mengizinkan pembelian tiket dan produk dengan Dogecoin; dalam dua hari, Cuban telah menyatakan waralaba-nya telah menjadi pedagang Dogecoin teratas, setelah melakukan 20.000 transaksi.

Pada April 2021, Dogecoin dan harga cryptocurrency lainnya melonjak, sebagian didorong oleh daftar langsung untuk pertukaran cryptocurrency Coinbase pada 14 April, meskipun platform itu tidak menyediakan perdagangan Dogecoin.

Baca Juga: Makin populer, pemerintah bakal tarik pajak dari kripto

Harganya pertama kali mencapai $ 0,10 pada 14 AprilĀ  sebelum mencapai ketinggian baru $ 0,45 pada 16 April (naik 400% minggu itu, dengan volume hampir $ 70 miliar yang diperdagangkan dalam 24 jam sebelumnya.

Pada saat itu, kapitalisasi pasar Dogecoin mendekati $ 50 miliar, menjadikannya cryptocurrency dengan nilai tertinggi kelima; nilainya telah meningkat lebih dari 7.000% year-to-date.

Ketertarikan pada Dogecoin berkontribusi pada penghentian sistem cryptocurrency platform perdagangan elektronik Robinhood pada tanggal 15 April, yang disebabkan oleh "permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya", dan memicu kekhawatiran dari para ahli tentang gelembung spekulatif yang hampir mendekati di pasar cryptocurrency.

Nilai Dogecoin melampaui rintangan simbolis $ 0,50 pada 4 Mei 2021, peningkatan lebih dari 20.000% dalam satu tahun.

Selanjutnya: Mengenal Seluk Beluk Dogecoin (DOGE)

Editor: Hasbi Maulana
Terbaru