Apa Itu Hiatus? Istilah yang Sering Digunakan Terkait Aktivitas Artis Korea

Rabu, 15 Juni 2022 | 10:16 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Hiatus? Istilah yang Sering Digunakan Terkait Aktivitas Artis Korea

ILUSTRASI. Ilustrasi apa itu hiatus. Picture taken September 24, 2020. REUTERS/Heo Ran


KONTAN.CO.ID - Hiatus adalah istilah yang sering digunakan oleh artis-artis di Korea Selatan jika ingin mengambil jeda sejenak dari aktivitasnya di dunia hiburan. Namun, apa itu hiatus? 

Arti hiatus adalah jeda singkat di mana tidak ada yang dilakukan atau dikatakan. Pengertian hiatus tersebut dikutip dari Cambridge Dictionary

Contoh penggunaan kata hiatus adalah perusahaan mengharapkan untuk melanjutkan produksi kendaraan lagi setelah hiatus dua bulan.

Selain itu, laman Vocabulary juga menjelaskan arti hiatus. Menurut laman tersebut, hiatus adalah jeda, istirahat, atau ketidakhadiran sementara. Dalam dunia hiburan, misalnya saat sebuah program TV hiatus, itu berarti tidak ada episode baru namun hanya bersifat sementara bukan selamanya. 

Selain itu, contoh penggunaan kata hiatus adalah jika seseorang hiatus dari pekerjaannya sementara waktu artinya dia hanya beristirahat untuk sementara.  Contoh lain dari hiatus adalah sebuah boyband perlu hiatus saat salah satu personilnya mengalami kecelakaan.

Baca Juga: Grup Band asal Korea BTS Putuskan Istirahat untuk Kerjakan Proyek Solo

Hiatus dari sosial media 

Selain itu, kata hiatus juga sering digunakan terkait dengan aktivitas seseorang di sosial media. Misalnya, saat seseorang memutuskan untuk hiatus dari sosial media. 

Lantas, apa saja manfaat hiatus dari sosial media? Nah, dirangkum dari laman Lifehack, berikut adalah manfaat hiatus dari sosial media:

1. Berhenti membandingkan kehidupan sendiri dengan orang lain

Para ahli telah menemukan bahwa kebanyakan orang yang menggunakan media sosial akhirnya membandingkan diri mereka dengan kehidupan semua orang yang mereka kenal. Masalah dengan ini adalah bahwa hal itu dapat berdampak serius pada kesehatan mental Anda. 

Misalnya, jika semua orang yang Anda kenal akan menikah dan memiliki bayi tetapi Anda masih lajang, Anda mungkin akan merasa terisolasi dan kesepian. Untuk itu, tidak ada salahnya memutuskan hiatus dari sosial media untuk berhenti membandingkan pencapaian hidup Anda dengan orang lain. 

Baca Juga: Berani Tampil Menggoda, Ini 4 Girl Group Kpop yang Punya Konsep Seksi

2. Lindungi privasi Anda

Media sosial adalah cara yang nyaman untuk tetap berhubungan dengan orang yang dikenal dengan berbagi foto. Namun, hal ini juga bisa mengganggu privasi Anda. 

3. Media sosial membuat seseorang menjadi kompetitif 

Media sosial juga bisa membuat seseorang menjadi kompetitif dalam hal negatif maupun positif. Setiap reaksi dan komentar adalah ukuran seberapa populer unggahan tertentu, yang dapat membuat Anda berusaha untuk mengalahkan orang lain.

Jenis persaingan ini tidak sehat, dan dapat menyebabkan kecemasan dan depresi. 

Baca Juga: Daftar Drama Korea Rating Tertinggi di Bulan Maret 2022, Ada Twenty Five Twenty One

4. Meningkatkan suasana hati secara keseluruhan

Hiatus dari sosial media juga bisa meningkatkan suasana hati secara keseluruhan karena dapat terhindar dari hal-hal yang membuat Anda menjadi depresi.

5. Terhubung kembali dengan dunia nyata

Hiatus dari sosial media juga bisa membuat seseorang kembali terhubung dengan dunia nyata dan berhubungan langsung dengan orang-orang di sekitar kita. 

Anda juga bisa menikmati waktu dengan orang-orang terdekat dengan pergi ke taman, restoran favorit, atau pergi ke bioskop. 

6. Bisa berolahraga 

Berjalan kaki selama 30 menit per hari menawarkan manfaat kesehatan fisik dan mental yang besar. Hal ini juga membuat waktu Anda semakin bermanfaat dibandingkan terbuang untuk menelusuri feed di Instagram maupun di Facebook. 

Demikian penjelasan mengenai apa itu hiatus dan manfaat hiatus dari sosial media. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru