Apa itu kode pos dan mengapa perlu dicantumkan saat pengiriman paket?

Senin, 06 September 2021 | 11:23 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa itu kode pos dan mengapa perlu dicantumkan saat pengiriman paket?


JASA KURIR DAN LOGISTIK - Kode pos adalah serangkaian angka dan/atau huruf yang ditambahkan pada alamat surat atau paket yang dikirimkan. Tujuan mencantumkan kode pos saat pengiriman paket adalah untuk mempermudah penyortiran surat atau paket yang dikirim. 

Umumnya kode pos terdiri dari lima angka. Namun, ada juga yang memiliki angka tambahan untuk lokasi yang lebih detil. 

Negara yang pertama kali memakai sistem kode pos adalah Jerman pada tahun 1941. Lalu, diikuti Inggris pada tahun 1959 dan Amerika Serikat pada tahun 1963.

Sejarah kode pos 

Jerman pertama kali memperkenalkan kode pos pada 25 Juli 1941, dalam bentuk sistem dua digit. Awalnya diterapkan untuk layanan parsel dan kemudian untuk semua pengiriman surat. 

Sistem ini digantikan pada tahun 1962 di Jerman Barat dengan sistem empat digit. Tiga tahun kemudian Jerman Timur mengikuti dengan sistem empat digitnya sendiri. 

Sementara dirangkum dari laman Woman's Day, kode pos atau di Amerika Serikut disebut sebagai kode ZIP (Zoning Improvement Plan) dibuat ketika kantor pos di negara tersebut kehilangan sebagian besar staf mereka karena pergi berperang. 

Baca Juga: Cara mudah cek penerima bansos PKH, BST, dan BPNT

Sehingga, mereka membutuhkan cara sederhana untuk membantu layanan pos yang kekurangan staf agar lebih efektif dalam mengirimkan surat atau paket. Sehingga, terciptalah kode pos. 

Awalnya, kode pos hanya berupa angka dua digit. Angka pertama menunjukkan kode kota. Sementara angka yang kedua menunjukkan kode negara bagian. 

Tetapi ketika kebutuhan untuk pengiriman berkembang, maka mulai dikembangkan sistem kode pos. 

Pada 1963, sistem kode pos dengan menggunakan lima angka seperti sekarang ini mulai digunakan dengan kode yang lebih sistematis dan terorganisir. Nomor kode pos ditentukan oleh beberapa faktor: area, fasilitas pos regional, dan zona lokal.

Angka pertama dari kode lima digit menandakan wilayah tempat alamat itu berada. Dua digit kedua dalam kode menentukan wilayah yang lebih kecil dalam setiap area awal. Dua digit terakhir menandakan kantor pos setempat dari alamat tersebut.

Baca Juga: Begini cara cek penerima bansos BST, BPNT, dan PKH di cekbansos.kemensos.go.id

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru