​Apa Itu Medioker? Ini Asal Istilah Medioker dan Penggunaannya

Senin, 09 Januari 2023 | 10:51 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Apa Itu Medioker? Ini Asal Istilah Medioker dan Penggunaannya

ILUSTRASI. Ilustrasi medioker. (KONTAN/Fransiskus Simbolon)


KONTAN.CO.ID - Medioker adalah istilah yang seringkali digunakan dalam dunia sepak bola untuk menunjukkan kualitas klub sepak bola. Biasanya digunakan untuk mengelompokkan tim unggulan dan tim medioker. 

Namun, apa itu medioker? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti medioker adalah menengah atau rata-rata. 

Sementara, menurut The Britannica Dictionary, medioker adalah istilah untuk menunjukkan kualitas sesuatu yang tidak terlalu baik atau biasa-biasa saja. 

Arti medioker juga bisa merujuk pada seseorang yang tidak memiliki kemampuan khusus untuk melakukan sesuatu dengan baik. 

Baca Juga: Sesuai ramalan fengshui, sektor tambang jadi yang paling moncer di tahun Tikus Logam

Asal penggunaan medioker 

Medioker

Dirangkum dari laman Macmilan Dictionary, kata medioker sebenarnya berasal dari bahasa Latin 'mediocris' yang berarti 'moderat atau biasa'.

Istilah medioker pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada tahun 1580-an. Medioker adalah kata yang menggambarkan sesuatu yang biasa atau kurang dari rata-rata. 

Medioker umumnya bukan kata yang positif dan menunjukkan bahwa seseorang bisa jauh lebih baik dengan sedikit usaha. 

Baca Juga: Ada PP no 25 tahun 2019, PII susun database insinyur di Indonesia

Contohnya, pekerja medioker adalah pekerja yang hanya memberikan sedikit usaha di tempat kerja dan puas melakukan pekerjaan atau tugas sehari-hari dengan hasil yang lumayan. 

Meski demikian, memang ada seseorang yang puas hanya dengan menjadi medioker. Bagi mereka, hanya ada sedikit motivasi untuk tumbuh atau berubah atau menjadi lebih baik.

Selain itu, istilah medioker juga bisa digunakan dalam dunia pendidikan. Misalnya, menyebut murid yang biasa-biasa saja dengan istilah medioker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru