​Apa Itu Non-Biner? Ini Bedanya dengan Transgender

Senin, 22 Agustus 2022 | 10:03 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Apa Itu Non-Biner? Ini Bedanya dengan Transgender

ILUSTRASI. Non-biner. REUTERS/Tyrone Siu TPX IMAGES OF THE DAY


KONTAN.CO.ID - Non-biner adalah istilah yang menggambarkan seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya sebagai pria atau wanita. Jadi, pada pada identitas non-biner, identitas gender tidak terkonseptualisasi dalam istilah biner (pria dan wanita). 

Berdasarkan World Health Organization, gender mengacu pada karakteristik wanita, pria, anak perempuan, dan anak laki-laki yang dikonstruksi secara sosial. 

Identitas gender adalah perasaan internal seseorang tentang siapa mereka. Jenis kelamin ditetapkan sejak seseorang lahir berdasarkan anatomi dan organ seks yang dimiliki. 

Bagi sebagian besar orang, gender berkorelasi dengan jenis kelamin mereka yang ditetapkan saat lahir, yakni laki-laki atau perempuan. 

Lantas, seperti apa itu identitas non-biner? 

Baca Juga: Sampai Kapan Orang Tua Perlu Menafkahi Anak?

Apa itu non-biner?

Dirangkum dari Medical News Today, non-biner adalah istilah yang menggambarkan identitas gender tidak mengacu pada laki-laki maupun perempuan. 

Mereka yang mengidentifikasikan dirinya sebagai non-biner ini tidak ingin disebut sebagai "he" atau "she" melainkan "they" atau "them".

Non-biner kemungkinan tidak mau mengidentifikasikan dirinya sebagai perempuan maupun laki-laki. Namun, kemungkinan non-biner juga mengidentifikasikan dirinya sebagai perempuan sekaligus laki-laki. 

Non-biner juga bisa mengidentifikasikan gender mereka secara fleksibel yakni kadang sebagai laki-laki atau perempuan. Namun, ada juga yang secara permanen tidak mau mengasosiasikan diri mereka dengan jenis kelamin apa pun. 

Beberapa penelitian menyebut konsep non-biner berangkat dari gagasan bahwa identitas gender lebih berupa spektrum daripada oposisi biner. Sehingga, orang non-biner adalah mereka yang merasa di luar spektrum biner. 

Baca Juga: Ferdy Sambo Tersangka, 31 Polisi Diduga Melanggar Etik, Ini Rincian Kode Etik Polri

Perbedaan antara non-biner dan transgender

Non-biner adalah istilah umum yang menggambarkan identitas gender yang tidak eksklusif laki-laki atau perempuan. Sementara, transgender mengacu pada seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya dengan jenis kelamin mereka yang ditetapkan saat lahir.

Misal, seseorang yang sejak lahir memiliki jenis kelamin laki-laki namun merasa bahwa dirinya bukan laki-laki seiring dengan bertambahnya usia. Lantas, saat dewasa dia berganti kelamin menjadi perempuan. 

Maka dia disebut sebagai transgender. Meski demikian, non-biner juga termasuk dalam transgender. 

Demikian penjelasan mengenai apa itu non-biner dan perbedaan biner dengan transgender.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru