O

Baik untuk kesehatan, ini 4 manfaat cuka apel yang bisa Anda dapat

Senin, 07 Juni 2021 | 11:11 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Baik untuk kesehatan, ini 4 manfaat cuka apel yang bisa Anda dapat

ILUSTRASI. Manfaat cuka apel bisa Anda dapat jika Anda mengonsumsinya secara rutin.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak jenis bahan alami yang mendatangkan manfaat untuk kesehatan Anda. Salah satunya adalah cuka apel. Manfaat cuka apel berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dengan penggunaan rutin, tentu saja khasiat cuka apel bisa Anda dapat.

Melansir Single Care (singlecare.com), cuka apel memiliki banyak antimikroba yang efektif menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, cuka apel juga dipenuhi dengan probiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

Selain digunakan secara langsung pada kulit, cuka apel juga bisa Anda minum, lo. Namun, sebelum Anda melakukannya secara rutin, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Dengan begitu, manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat secara maksimal.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang cukup membahayakan. Untuk menghindari masalah itu, ada baiknya bagi Anda untuk rutin mengonsumsi cuka apel. Menurut sebuah penelitian, kandungan dalam bahan alami itu efektif menurunkan tekanan darah sehingga kesehatan jantung pun terjaga.

Baca Juga: Teh hijau hingga kayu manis, berikut 4 cara menurunkan berat badan secara alami

Menurunkan Kolesterol

Dengan mengonsumsi cuka apel secara rutin, jumlah kolesterol Anda bisa berkurang. Manfaat cuka apel itu sejalan dengan poin sebelumnya. Saat jumlah kolesterol berkurang, tekanan darah menjadi lebih stabil sehingga risiko penyakit jantung pun turun.

Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengabaikan beberapa jenis obat yang perlu Anda konsumsi. Selalu konsultasi dulu dengan dokter sebelum rutin mengonsumsi cuka apel. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan lain yang perlu diperhatikan.

Menjaga Kesehatan Rambut

Single Care mengatakan bahwa cuka apel berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Zat asam yang terkandung dalam bahan alami itu mampu menurunkan pH kulit kepala. Tidak berhenti sampai di situ, cuka apel juga efektif melawan bakteri sehingga rambut bisa tumbuh lebih kuat dan sehat.

Baca Juga: 4 Cara menurunkan berat badan secara alami, apa saja?

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat cuka apel adalah menurunkan berat badan.

Manfaat cuka apel berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah jenis bahan alami itu bisa dijadikan cara menurunkan berat badan. Hal itu dibuktikan pada penelitian yang berlangsung selama 12 minggu.

Partisipan yang mengonsumsi cuka apel secara rutin mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak dibandingkan dengan peserta lain yang tidak mengonsumsi cuka apel. Selain menurunkan berat badan, rutin mengonsumsi cuka apel pun dapat menurunkan BMI dan mengurangi jumlah lemak di sekitar perut.

Selanjutnya: Cara menghilangkan jerawat batu bisa pakai 5 bahan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru