Beberapa Penyebab Rumah Mudah Berdebu. Cegah Biar Nyaman!

Selasa, 26 April 2022 | 08:30 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Beberapa Penyebab Rumah Mudah Berdebu. Cegah Biar Nyaman!


KONTAN.CO.ID - Pernahkah Anda merasakan banyak debu di dalam rumah, padahal Anda sudah rajin membersihkan rumah secara teratur?

Memang, membersihkan rumah merupakan cara termudah untuk menyingkirkan debu yang menumpuk di rumah.

Namun, sebelum mengatasi debu tersebut, hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengidentifikasi apa saja penyebab kedatangan debu di rumah. Jadi, debu pun bisa berkurang secara signifikan dan membuat rumah terasa lebih bersih.

Apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan rumah mudah berdebu? Berikut penjelasannya.

Filter AC

Dikutip dari Homedit, filter HVAC yang biasanya digunakan pada air conditioner atau AC dapat menjadi penyebab debu di dalam rumah. Jika tidak rutin dibersihkan, debu dan kotoran yang terperangkap di dalam filter dapat kembali masuk dan menyebar ke seluruh rumah, sehingga membuat rumah terasa berdebu dan kotor.

Karpet

Jika Anda menggunakan karpet di rumah, ada kemungkinan karpet tersebut menjadi tempat penumpukan debu sehingga turut menyebarkan debu di dalam rumah. Untuk meminimalisir rumah yang berdebu karena karpet, bersihkan dengan vacuum cleaner dan cuci secara rutin.

Tirai jendela

Selain karpet, tirai jendela juga dapat menjadi tempat penumpukan debu dari jendela, lantai, dan udara di sekitarnya. Supaya debu dari tirai tidak semakin menumpuk, cobalah untuk menggunakan tirai yang tidak “jatuh” ke lantai dan cuci tirai minimal setahun sekali.

Baca Juga: Hati-Hati, 8 Jenis Bau di Rumah Ini Perlu Diwaspadai!

Furnitur

Melansir laman Home Air Guides, furnitur upholstery seperti sofa tergolong mudah mengumpulkan debu, terutama jika sofa tersebut dilapisi dengan kain.

Jika diduduki, debu yang terkumpul di sofa dapat beterbangan dan menempel ke seluruh penjuru rumah, sehingga memberikan kesan rumah yang berdebu. Sebaiknya, bersihkan sofa Anda dengan vacuum cleaner secara rutin untuk mengurangi penumpukan debu.

Jendela dan pintu

Jendela dan pintu rumah yang dibiarkan terbuka begitu saja dapat menjadi jalan bagi debu dan kotoran untuk memasuki rumah. Hal yang sama juga berlaku untuk celah di antara jendela dan pintu.

Untuk mengatasinya, hindari membuka jendela dan pintu rumah terlalu lama dan tutup celah-ce;ah jendela dan pintu. Debu dan kotoran yang masuk ke rumah pun akan berkurang.

Hewan peliharaan

Mengutip Bobvila, hewan peliharaan Anda kerap meninggalkan bulu dan ketombe yang mengotori rumah. Jika menumpuk, bulu dan ketombe pada hewan peliharaan juga dapat memberi kesan rumah yang kotor dan berdebu.

Oleh karena itu, pastikan Anda rutin memandikan dan menyisir bulu hewan peliharaan di rumah. Sebagai tambahan, lakukan vacuum pada area-area yang sering dilalui dan ditempati hewan peliharaan tersebut.

Itulah beberapa hal yang dapat membuat rumah mudah berdebu. Yuk, mulai perhatikan hal-hal tersebut untuk mewujudkan rumah yang bersih dan nyaman!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru