Bisa cegah anemia dan osteoporosis, ini 5 manfaat jengkol

Jumat, 27 November 2020 | 18:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa cegah anemia dan osteoporosis, ini 5 manfaat jengkol

KONTAN.CO.ID - Jengkol adalah salah satu bahan pangan yang berasal dari Asia Tenggara. Ada manfaat jengkol bisa Anda dapat jika mengonsumsinya secara rutin.

Ada banyak hidangan yang bisa Anda buat dari jengkol, seperti sambal atau rendang. Dengan aroma yang khas, manfaat jengkol berikut bisa Anda dapat bila Anda mengonsumsinya secara rutin:

Mencegah anemia

Anemia merupakan suatu kondisi di mana jumlah zat besi dalam tubuh kurang sehingga sel darah merah pun berkurang. Kondisi tersebut menyebabkan gangguan pada distribusi oksigen dan nutrisi lain ke seluruh bagian tubuh.

Kekurangan oksigen membuat bagian-bagian tubuh tidak bisa bekerja secara normal dan Anda menjadi lebih mudah lelah. Bagi wanita, hal tersebut bisa semakin parah saat siklus menstruasi datang.

Hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi jengkol. Sebab, sumber makanan ini bisa memenuhi kebutuhan zat besi Anda.

Menguatkan tulang dan gigi

Tak hanya mengandung banyak zat besi, dikutip dari Oze Marketing, jengkol juga mengandung fosfor dan kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain menguatkan, dua kandungan dalam jengkol itu juga mampu mencegah osteoporosis.

Baca Juga: 5 Manfaat jagung untuk kesehatan, bisa untuk menggemukkan badan

Melawan radikal bebas

Radikal bebas adalah struktur yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit. Hal itu bisa semakin parah jika sistem imun tubuh Anda sedang tidak baik.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jengkol secara rutin.

Dalam jengkol, Anda bisa mendapatkan vitamin A, vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2. Vitamin-vitamin tersebut berguna sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.

Tak hanya itu, antioksidan dalam jengkol juga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Mengatasi diabetes

Salah satu manfaat jengkol adalah mengatasi penyakit diabetes.

Menurut Oze Marketing, jengkol memiliki kandungan yang tak dimiliki oleh sumber makanan lain, yaitu jengkolat acid. Zat tersebut berbentuk kristal dan tak bisa larut dalam air dan berguna untuk mencegah diabetes.

Namun, penderita penyakit ginjal tak disarankan mengonsumsi jengkol karena jengkolat acid tidak bisa tersaring secara maksimal. Hasilnya, penyakit ginjal Anda bisa semakin parah.

Baca Juga: Catat, inilah 4 manfaat buah pir untuk kesehatan Anda

Mengatasi sembelit pada wanita hamil

Manfaat jengkol juga bisa dirasakan oleh wanita hamil yang mengalami sembelit. Jengkol mengandung banyak serat yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah itu.

Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi jengkol secara berlebihan untuk menghindari efek samping.

Selanjutnya: 4 Manfaat daun kemangi untuk kesehatan, termasuk mencegah penuaan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru