Bisa menurunkan berat badan, ini 4 manfaat kacang merah terbaik untuk kesehatan Anda

Jumat, 11 Desember 2020 | 20:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa menurunkan berat badan, ini 4 manfaat kacang merah terbaik untuk kesehatan Anda

KONTAN.CO.ID - Manfaat kacang merah berasal dari kandungan protein dan nutrisi penting lain yang ada di dalamnya. Untuk mendapat khasiat dari jenis kacang tersebut, usahakan untuk mengonsumsi kacang merah secara rutin.

Anda bisa mengolahnya menjadi bubur atau hidangan yang lainnya. Berikut manfaat kacang merah terbaik untuk kesehatan Anda:

Kaya protein

Jika Anda seorang vegan, mengonsumsi kacang merah bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Mengutip dari NDTV Food, Anda bisa mendapat 24 gram protein dari 100 gram kacang merah.

Cobalah untuk mengombinasikan kacang merah dengan gandum atau biji-bijian yang lain. Tujuannya, supaya kebutuhan nutrisi harian Anda, seperti asam amino dan serat, bisa terpenuhi.

Beberapa jenis sumber makanan yang bisa Anda campur dengan kacang merah adalah nasi, quinoa, dan kedelai.

Baca Juga: 4 Pilihan makanan sehat untuk jantung ini layak Anda konsumsi

Kacang Merah, Organik, Pangan

Menjaga sistem pencernaan tubuh

Manfaat kacang merah selanjutnya berasal dari serat larut dan tidak larut (soluble dan insoluble fiber). Kedua jenis serat itu mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga Anda bisa buang air besar secara rutin.

Meski demikian, pastikan untuk tidak berlebihan mengonsumsi jenis kacang ini karena bisa menyebabkan perut kembung.

Cocok dikonsumsi penderita diabetes

Melansir dari NDTV Food, kacang merah juga mengandung karbohidrat yang bernama slow release carbohydrate. Jenis karbo tersebut mampu memperlambat pencernaan sehingga memperlambat gula masuk ke darah.

Indeks glikemik kacang merah juga termasuk rendah, hanya 29. Artinya, sumber makanan ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Meski demikian, ada baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi kacang merah secara rutin.

Baca Juga: 4 Resep salad sayur yang cocok sebagai menu diet, mudah dibikin

Menurunkan berat badan

Manfaat kacang merah lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah jenis kacang ini mampu menurunkan berat badan Anda. Kacang merah mengandung serat dan zat tepung yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Saat Anda merasa kenyang dan tak mudah lapar, makanan yang Anda konsumsi bisa lebih terkontrol. Dengan begitu, Anda bisa menurunkan berat badan. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat lainnya supaya program diet Anda lebih efektif.

Selanjutnya: 4 Manfaat kacang hijau untuk tubuh, bagus untuk kesuburan dan ibu hamil

Editor: Belladina Biananda
Terbaru