Bumil, inilah tanda-tanda akan melahirkan

Jumat, 04 Desember 2020 | 04:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bumil, inilah tanda-tanda akan melahirkan


KESEHATAN - JAKARTA. Saat akan melakukan persalinan, biasanya calon ibu akan mengalami tanda-tanda mau melahirkan. Setiap wanita mengalami gejala yang berbeda-beda. Mulai dari kram dan nyeri punggung yang terasa lebih hebat, diare, kontraksi, dan lain sebagainya.

Kram dan Nyeri Punggung

Kram dan nyeri punggung bisa Anda alami saat akan melahirkan. What To Expect (whattoexpect.com) mengatakan bahwa kondisi itu akan semakin terasa jika bukan kehamilan pertama. Seiring berjalannya waktu mendekati persalinan, bagian bawah punggung dan selangkangan akan terasa semakin sakit. 

Rasa nyeri yang Anda alami disebabkan karena sendi dan otot Anda meregang supaya Anda lebih siap melakukan persalinan. Selain itu hormon relaxin membuat ligamen Anda mengendur selama kehamilan. Hal itu merupakan cara alami agar bayi semakin mudah untuk keluar dari rahim.

Diare

Tanda-tanda mau melahirkan selanjutnya yang mungkin Anda alami adalah diare karena otot di bagian rektum juga ikut mengendur. Tak hanya sebelum melahirkan, gejala tersebut juga bisa Anda alami selama kehamilan.

Baca Juga: ​Moms, inilah 9 cara mengatasi morning sickness

Meski terasa tak nyaman, hal itu merupakan suatu hal yang normal. Jadi, Anda tak perlu merasa khawatir berlebihan. Anda hanya perlu menghindari dehidrasi dengan minum banyak air putih agar kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Berat Badan Tak Lagi Bertambah

What To Expect mengatakan bahwa berat badan yang tetap, atau bahkan berkurang, bisa jadi gejala melahirkan. Hal itu merupakan kondisi yang umum dialami oleh banyak wanita hamil dan tidak berpengaruh pada berat badan bayi.

Berat badan yang tak lagi bertambah bisa dikarenakan oleh banyak hal. Beberapa di antaranya berkaitan dengan jumlah air ketuban dan intensitas kegiatan yang Anda jalani meningkat.

Baca Juga: Lagi hamil? Ini posisi tidur yang baik dan aman untuk ibu hamil

Kontraksi

Kontraksi adlaah tanda-tanda mau melahirkan selanjutnya yang bisa Anda alami. Namun, Anda juga bisa mengalami kontraksi palsu. Kondisi tersebut bisa terjadi selama beberapa minggu atau beberapa bulan sebelum persalinan terjadi.

Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk membedakan kontraksi palsu dan kontraksi persalinan yang sesungguhnya. Pertama, kontraksi palsu akan hilang setelah Anda mengubah posisi tubuh Anda. Selanjutnya, kontraksi asli akan terasa semakin kuat seiring berjalannya waktu.

Selanjutnya: Tetap nyaman dan aman bercinta kala hamil, 4 posisi ini bisa Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru