Cara mendeteksi potensi serangan jantung, kenali dari 8 tanda berikut

Selasa, 23 Maret 2021 | 11:50 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mendeteksi potensi serangan jantung, kenali dari 8 tanda berikut


KESEHATAN - Jakarta. Sebelum serangan jantung muncul, tubuh sudah memberikan tanda-tanda peringatan yang harus diwaspadai. Sayangnya, banyak yang mengabaikan tanda peringatan serangan jantung tersebut.

Salah satu tanda yang sering terjadi sebelum muncul serangan jantung adalah nyeri dada. Selain itu, masih ada tanda-tanda lain yang bisa menjadi peringatan serangan jantung.

Jantung adalah otot yang berkontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Serangan jantung atau atau infark miokard terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan cukup darah.

Darah membawa oksigen dan nutrisi ke otot jantung. Jika tidak ada cukup darah yang mengalir ke otot jantung Anda, bagian yang terkena bisa rusak atau mati. Kondisi ini berbahaya dan terkadang mematikan.

Merangkum Medical News Today, serangan jantung biasanya disebabkan oleh penyakit jantung yang sudah berlangsung lama. Namun, kondisi ini juga dapat terjadi secara tiba-tiba.

Ada banyak faktor risiko yang berkontribusi terhadap serangan jantung. Faktor risiko serangan jantung antara lain:

  • Usia
  • Keturunan atau riwayat keluarga
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Kolesterol tinggi
  • Obesitas
  • Pola makan yang buruk
  • Konsumsi alkohol berlebihan (secara teratur, yakni lebih dari satu minuman per hari untuk wanita dan lebih dari dua minuman per hari untuk pria)
  • Stres
  • Ketidakaktifan fisik

Serangan jantung adalah keadaan darurat medis. Sangat penting untuk mendengarkan apa yang dikatakan tubuh Anda jika menurut Anda, Anda mungkin memiliki kondisi medis ini.

Lebih baik segera mencari perawatan medis darurat dan melakukan kesalahan daripada tidak mendapatkan bantuan sama sekali saat Anda mengalami serangan jantung.

Baca juga: Daun bawang efektif menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung

Tanda peringatan serangan jantung

Merangkum Health Line, ada beberapa tanda peringatan serangan jantung yang baik diwaspadai. Berikut beberapa tanda peringatan serangan jantung:

1. Pusing seolah-olah mau pingsan

Pusing seperti mau pingsan juga termasuk tanda peringatan serangan jantung. Kepala terasa ringan dan pusing dapat terjadi dengan serangan jantung dan sering kali merupakan gejala yang digambarkan oleh wanita.

Beberapa wanita melaporkan bahwa mereka merasa akan pingsan jika mereka mencoba untuk berdiri atau memaksakan diri. Sensasi ini tentunya bukan perasaan yang wajar dan tidak boleh diabaikan jika Anda mengalaminya.

Simak daftar tanda peringatan serangan jantung lain di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru