Catat! 4 Efek samping daun kelor ini bisa Anda alami

Sabtu, 10 April 2021 | 09:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat! 4 Efek samping daun kelor ini bisa Anda alami


KESEHATAN - JAKARTA. Nutrisi yang terkandung dalam daun kelor memang mendatangkan banyak manfaat. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan efek samping daun kelor yang bisa terjadi.

Daun kelor mengandung banyak antioksidan, antiinflamasi, dan asam amino yang berguna untuk mencegah terjadinya berbagai macam penyakit. Nah, efek samping muncul saat Anda mengonsumsi daun kelor tidak sesuai dengan kondisi Anda.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi daun kelor. Tujuannya agar tidak ada efek samping yang perlu Anda rasakan. Jika Anda mengalami beberapa hal berikut, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapat perawatan yang sesuai.

Gula Darah Turun

Efek samping daun kelor bisa dialami oleh penderita diabetes yang mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi penyakit itu. Saat digunakan dalam waktu bersamaan, obat diabetes dan daun kelor dapat membuat gula darah turun di bawah batas normal sehingga Anda mengalami hipoglikemia.

Baca Juga: 4 Manfaat daun kelor untuk kesehatan, ada yang Anda tahu?

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, mengonsumsi daun kelor memang perlu dicoba. Namun, bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah, Inside Moring (insidemoringa.com) tidak merekomendasikan konsumsi bahan alami itu.

Daun kelor memiliki kandungan yang bernama alkaloid. Kandungan itulah yang membuat tekanan darah Anda turun. Tak hanya itu, daun kelor juga dapat memperlambat denyut jantung. Jadi, usahakan untuk selalu konsultasi dengan dokter, ya.

Liver

Salah satu efek samping daun kelor adalah mengganggu fungsi liver.

Tak hanya berpengaruh pada tekanan darah dan gula darah, konsumsi daun kelor juga berpengaruh pada kondisi liver. Saat dikonsumsi dalam jumlah besar, daun kelor dapat mengganggu fungsi liver sehingga organ tersebut tak mampu mengeluarkan racun dari tubuh dengan maksimal.

Baca Juga: Sederet manfaat daun kelor untuk kesehatan

Pengobatan Tiroid

Efek samping daun kelor berikutnya yang disebutkan Inside Moringa adalah bahan alami itu berpengaruh pada efektivitas obat tiroid. Ketika dikonsumsi dalam jangka waktu yang sama, daun kelor dapat menghambat penyerapan tubuh akan jenis obat itu.

Jadi, usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi daun kelor. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Jika Anda ingin mengonsumsi daun kelor dalam bentuk suplemen, pastikan untuk membelinya dari sumber terpercaya, ya.

Selanjutnya: 10 Obat herbal yang efektif mengobati diabetes melitus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru