Cek 5 khasiat daun kelor ini, bisa jadi obat anemia

Sabtu, 12 Juni 2021 | 11:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cek 5 khasiat daun kelor ini, bisa jadi obat anemia


KESEHATAN - Berbagai macam khasiat daun kelor berasal dari nutrisi yang terkandung dalam bahan alami itu, misalnya, antioksidan. Tentu saja, Anda perlu mengonsumsinya secara rutin agar manfaatnya bisa Anda dapat.

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas. Dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin, berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas bisa Anda hindari.

Cara mengonsumsi daun kelor juga mudah. Anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan mentah, memasaknya dulu, atau dalam bentuk bubuk atau kapsul.

Namun, jangan lupa untuk melakukan konsultasi dulu dengan dokter, ya. Dengan begitu, manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat dengan maksimal.

Mencegah kanker

Menurut Thailand Medical News, mengonsumsi daun kelor mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Bahkan, mengonsumsi daun kelor dapat meningkatkan efektivitas kemoterapi, salah satu cara menyembuhkan kanker.

Baca Juga: 3 Efek samping daun sirih ini harus Anda waspadai

Mengobati anemia

Khasiat daun kelor lainnya cocok digunakan oleh penderita anemia atau tubuh yang kekurangan darah. Bahan alami itu mampu mencukupi kebutuhan tubuh akan zat besi, protein, dan nutrisi yang lain.

Dengan begitu, jumlah darah merah dalam tubuh dapat bertambah sehingga anemia pun dapat teratasi dengan baik.

Menjaga ginjal

Salah satu khasiat daun kelor adalah melindungi fungsi ginjal.

Ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh yang memegang peranan penting. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan supaya fungsi ginjal tetap terjaga adalah dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin.

Kalsium oksalat dalam daun kelor tidak larut dalam air sehingga risiko batu ginjal bisa Anda hindari.

Melindungi liver

Selain menjaga fungsi ginjal, khasiat daun kelor yang lain adalah melindungi liver. Nutrisi yang terkandung dalam daun kelor efektif meningkatkan fungsi liver, seperti menyaring zat racun dalam darah dan mengatur metabolisme lemak.

Baca Juga: Sederet manfaat petai cina untuk kesehatan yang jarang diketahui

Menjaga kesehatan kulit

Mengutip dari Thailand Medical News, daun kelor juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit Anda, lo. Vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam daun kelor mampu menutrisi kulit secara maksimal.

Tak hanya itu, daun kelor juga mampu meningkatkan produksi kolagen. Dengan begitu, garis halus, kerutan, noda hitam, dan tanda penuaan yang lain bisa memudar.

Tidak berhenti sampai di situ, antiinflamasi dan antimikroba yang terdapat dalam daun kelor mampu mencegah masalah kulit, seperti jerawat atau komedo.

Selanjutnya: 5 Efek samping daun kelor ini bisa terjadi, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru