Daftar 10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Berapa Ketinggiannya?

Selasa, 05 April 2022 | 12:33 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Daftar 10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Berapa Ketinggiannya?

ILUSTRASI. Gunung Semeru, salah satu gunung dalam daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto.


KONTAN.CO.ID - 10 Gunung tertinggi di Indonesia mayoritas berada luar di Pulau Jawa. Puncak Jaya Wijaya atau Carstensz Pyramid yang berada di Papua adalah gunung tertinggi di Indonesia. 

Selain Puncak Jaya Wijaya, di Papua juga masih ada beberapa gunung lagi yang masuk dalam daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia. 

Lantas, gunung apa saja yang masuk dalam daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia? 

Baca Juga: Rekomendasi 5 Aktivitas Olahraga untuk Anjing Peliharaan

Daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia 

Dirangkum dari laman Gramedia.com, berikut adalah daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia:

1. Punjak Jaya Wijaya atau Carstensz Pyramid – Papua

Puncak Jaya Wijaya atau dikenal juga dengan gunung Carstensz Pyramid adalah titik tertinggi Indonesia yang berada di Provinsi Papua.

Puncak Jaya Wijaya masuk pegunungan Barisan Sudirman yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl dengan dikelilingi gletser bernama gletser Carstensz. 

Gletser tersebut adalah gletser tropika satu-satunya yang dimiliki Indonesia karena jumlah gletser yang lain mulai menipis akibat pemanasan global yang semakin parah.

Baca Juga: Mengenal Vulkanisme: Pengertian, Jenis Erupsi, dan Tipe Gunung serta Letusannya

2. Puncak Mandala – Papua

Gunung tertinggi kedua dalam daftar 10 gunung tertinggi di dunia adalah Puncak Mandala. Puncak Mandala adalah gunung tertinggi Indonesia setelah puncak Jaya Wijaya yang terletak di salah satu pegunungan Provinsi Papua pada ketinggian 4.760 mdpl. 

Puncak Mandala masih diselimuti gletser salju karena masih berada di deretan pegunungan Jaya Wijaya meskipun saat ini volumenya sudah mulai berkurang karena faktor pemanasan global. 

Jalur pendakian untuk sampai ke puncak ini cukup terjal dan berbahaya. Hal tersebut sudah diakui oleh para pendaki profesional, baik pendaki dalam negeri maupun pendaki dari luar negeri.

3. Puncak Trikora – Papua

Selain Puncak Jaya Wijaya atau Gunung Carstensz dan Puncak Mandala, ada satu lagi puncak tertinggi di pegunungan Jaya Wijaya, Provinsi Papua, yang masuk 10 gunung tertinggi di Indonesia, yakni Puncak Trikora.

Puncak Trikora berada pada ketinggian 4.750 mdpl yang dianggap oleh sebagain pendaki memiliki jalur pendakian yang lebih sulit dibanding Carstensz. 

Untuk sampai ke puncak ini, pendaki akan melewati jalur pendakian yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Lorents yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO atau melalui jalur Wamena.

Baca Juga: 5 Alasan Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan Timur, Ada Ancaman Tanah Turun Jakarta

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru