Daftar 10 Negara dengan Biaya Hidup Paling Murah, Indonesia di Posisi Pertama

Selasa, 13 Desember 2022 | 07:22 WIB Sumber: Kompas.com
Daftar 10 Negara dengan Biaya Hidup Paling Murah, Indonesia di Posisi Pertama

ILUSTRASI. Ada sejumlah kota dengan biaya hidup tertinggi, hingga negara dengan biaya hidup terendah. ANTARA FOTO/Aprillio Akba


KONTAN.CO.ID - Setiap daerah atau negara memiliki biaya hidup yang berbeda-beda. Ada sejumlah kota dengan biaya hidup tertinggi, hingga negara dengan biaya hidup terendah. 

Berikut ini daftar 10 negara dengan biaya hidup termurah dikumpulkan dari berbagai sumber di seluruh web, seperti Forbes, Wikipedia, dan Nomad List. 

10 negara biaya hidup termurah di dunia 

Dikutip dari wealthygorilla, berikut ini daftar 10 negara dengan biaya hidup termurah. 

1. Indonesia, biaya: US$ 340 per bulan 

Tempat tinggal termurah, di seluruh dunia, adalah Indonesia. Indonesia, atau Republik Indonesia, terletak di antara Samudra Hindia dan Pasifik, di Asia Tenggara. 

Rumah bagi sekitar 17.000 pulau, ini adalah negara pulau terbesar di dunia dan memiliki total populasi 264 juta orang, yang juga menjadikannya negara terpadat ke-4 di dunia. 

Ada tempat-tempat tertentu di Indonesia, seperti Bali dan Jakarta yang harganya lebih sebanding dengan kota-kota besar barat lainnya di seluruh dunia. 

Namun, tempat-tempat seperti Senggigi di Lombok dapat memberi Anda akomodasi dan biaya hidup hanya US$ 340 per bulan atau sekitar Rp 5,2 juta. Anda ingin membayar sekitar US$ 142 (Rp 2,2 juta) per bulan untuk apartemen studio satu kamar tidur, atau US$ 12 (Rp 187.000) per malam untuk hotel. 

Barang-barang mewah seperti bir, kopi, dan kelapa hanya seharga US$ 0,89 untuk bir, US$ 0,10 untuk kelapa, US$ 0,71 untuk kopi, dan US$ 1,77 untuk makan di luar.

Baca Juga: Invasi Rusia ke Ukraina dan Dampak Pandemi Bikin Biaya Hidup Semakin Mahal

2. Bolivia, biaya: US$ 431 per bulan 

Bolivia adalah negara yang terkurung daratan, terletak di bagian barat Amerika Selatan. Populasinya saat ini sekitar 11,05 juta orang yang tinggal di area seluas 1.098.581 km². Ibu kota Bolivia adalah Sucre, dan Bolivia terdiri dari masyarakat multietnis, termasuk, Indian Amerika, Afrika, Asia, Eropa, dan Mestizos. 

Bolivia adalah negara terbesar kelima di Amerika Selatan dan negara terbesar ke-27 di dunia. Bagi Anda yang berbicara bahasa Spanyol, Anda akan senang mengetahui bahwa bahasa Spanyol adalah bahasa resmi dan dominan di Bolivia; namun, ada juga tiga puluh enam bahasa pribumi lainnya yang digunakan di negara tersebut. 

Apartemen studio satu kamar tidur di La Paz, salah satu kota termurah di Bolivia, akan dikenakan biaya sekitar US$ 145 per bulan, atau US$ 23 per malam di Airbnb. 

Baik bir dan kopi masing-masing sekitar US$ 1, dan Anda pasti tidak akan merusak bank saat makan di luar, karena makanan khas akan dikenakan biaya US$ 2.

3. Nepal, biaya: US$ 450 per bulan 

Nepal merupakan negara termurah ketiga untuk ditinggali di seluruh dunia. Nepal terletak di Asia Tenggara, terutama di Himalaya, tetapi juga termasuk sebagian di Dataran Indo-Gangga. 

Ini memiliki total populasi saat ini 29,3 juta orang yang tinggal di seluruh daratan seluas 147.181 km². Berbatasan dengan China dan India, Nepal adalah negara dengan populasi terbesar keempat puluh delapan dan negara terbesar kesembilan puluh tiga berdasarkan wilayah di dunia. 

Dengan biaya US$ 164 akan memberi Anda apartemen studio satu kamar tidur di salah satu kota termurah di Nepal, Pokhara; atau Anda akan menghabiskan sekitar US$ 23 per malam di Airbnb. 

Satu bir akan dikenakan biaya sekitar US$ 1, kopi kira-kira US$ 0,73 dan biaya makan di luar sekitar US$ 2,08. 

Baca Juga: Daftar 10 Kota Termahal di Dunia 2022, Apakah Ada Kota di Indonesia?

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru