Dampak Negatif Tidak Sarapan, Pilih Menu Sarapan Pagi Sehat Berikut

Sabtu, 27 Mei 2023 | 04:50 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Dampak Negatif Tidak Sarapan, Pilih Menu Sarapan Pagi Sehat Berikut


SARAPAN - Jakarta. Apa menu sarapan pagi Anda hari ini? Berikut menu sarapan pagi sehat selain. Jangan sampai Anda tidak sarapan, karena bisa berdampak negatif bagi kesehatan.

Berikut bahaya tidak sarapan yang dirangkum dari pemberitaan Kompas.com:

  • Gula darah rendah

Bahaya tidak sarapan yang pertama adalah menyebabkan gula darah rendah. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Frontiers of Human Nueroscience menunjukkan bahwa sarapan membantu memulihkan glikogen dan menstabilkan kadar insulin. Jika Anda tidak mengisi kembali simpanan glukosa Anda di pagi hari, Anda akan merasa terlalu lapar, dan lelah.

Baca Juga: Inilah Menu Sarapan Pagi Sehat Jika Tak Suka Nasi, Catat Bahaya Tidak Sarapan

  • Metabolisme melambat

Bahaya tidak sarapan yang kedua adalah metabolisme melambat. Riset dalam Journal of Obesity menunjukan bahwa makan lebih awal dapat memicu metabolisme dan mendorong tubuh untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Saat Anda berpuasa terlalu lama, tubuh Anda beralih ke mode perlindungan, dan mulai menyimpan kalori sebanyak mungkin.

Hal ini akan membuat metabolisme melambat. Akibatnya, glukosa yang disimpan di otot diubah menjadi sumber bahan bakar cadangan. Pada akhirnya, massa otot akan berkurang.

  • Hormon stres meningkat

Bahaya tidak sarapan yang ketiga adalah hormon stres meningkat. Riset dari University of Texas di Austin menemukan bahwa sarapan memiliki efek positif pada kortisol. Kortisol memiliki banyak fungsi termasuk membantu tubuh menggunakan gula (glukosa) dan lemak untuk energi dan mengelola stres.

Biasanya, kadar kortisol paling tinggi sekitar jam tujuh pagi. Pada saat inilah penting untuk makan sesuatu agar hormon stres menurun. Jika kadar kortisol tetap tinggi, Anda cenderung merasa cemas atau gelisah.

  • Risiko penyakit jantung meningkat

Bahaya tidak sarapan yang keempat adalah risiko penyakit jantung meningkat. Sering melewatkan sarapan dapat membuat Anda lebih rentan terhadap kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Faktanya, penelitian Harvard menemukan bahwa mereka yang melewatkan sarapan setiap hari 27 persen lebih mungkin mengalami serangan jantung atau meninggal akibat penyakit jantung koroner.

Menu sarapan pagi sehat

Menu sarapan pagi sehat penting untuk dipilih. Sarapan menjadi bekal untuk tubuh beraktivitas hingga siang hari.

Dengan sarapan pagi, Anda akan memiliki energi yang cukup. Oleh karena itu, penting untuk memilih menu sarapan pagi sehat.

Namun jika Anda tidak suka makan-makanan berat seperti nasi, menu sarapan pagi sehat ini bisa menjadi pilihan.

Dilansir dari Gramedia.com, berikut sejumlah menu sarapan pagi sehat untuk Anda yang tidak terbiasa makanan berat:

Baca Juga: Menu Sarapan yang Baik dan Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

1. Telur

Menu sarapan pagi sehat yang pertama adalah telur. Selain rasanya enak, telur adalah makanan yang sangat bergizi. Studi menunjukkan bahwa telur adalah makanan terbaik untuk sarapan, karena mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu, mengonsumsi telur di pagi hari juga akan mengurangi keinginan menyantap terlalu banyak kalori pada siang hari.

Menu sarapan yang dapat Anda coba mungkin terdiri dari 3 scramble egg serta 1,5 roti putih. Nutrisi yang akan Anda dapatkan dari menu ini adalah 22% energi dari karbohidrat, 23% energi protein, serta 55% energi dari lemak.

Omelet atau telur dadar juga dapat dengan mudah Anda buat di rumah. Anda juga dapat menambahkan berbagai macam campuran di dalamnya seperti diantaranya sayur, cabai, ataupun bawang agar terasa lebih enak serta gurih. Tak butuh waktu lama untuk memasak menu yang satu ini.

2. Greek Yogurt

Menu sarapan pagi sehat yang kedua adalah yogurt. Selain menyegarkan, yogurt sangat sehat serta memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, yang mampu mengenyangkan dalam waktu lama. Yogurt serta produk susu lain juga akan membantu mengontrol berat badan karena meningkatkan kadar hormon yang membuatmu merasa kenyang, yakni PYY dan GLP-1.

3. Oatmeal

Menu sarapan pagi sehat yang ketiga adalah oatmeal. Oatmeal adalah makanan terbaik untuk sarapan, terutama bagi pecinta sereal. Selain kaya akan serat dan mengenyangkan lebih lama, ternyata oatmeal juga mengandung antioksidan yang tinggi, serta mampu mengurangi tekanan darah. Selain itu, penelitian membuktikan bahwa sereal dengan oat utuh dapat menjadi cara efektif dalam manajemen hipertensi ringan (tipe I).

4. Biji Chia

Menu sarapan pagi sehat yang keempat adalah biji chia. Biji chia sebagai salah satu sumber serat terbaik yang bisa Anda dapatkan dalam menu sarapan. Setiap ons biji chia ini mengandung 11 gram serat. Kandungan antioksidan yang tinggi pada biji chia, juga mampu melindungi sel tubuh dari berbagai radikal bebas yang muncul selama proses metabolisme. Selain itu, biji chia juga terbukti berhasil mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti aterosklerosis, stroke, diabetes serta penyakit neurodegeneratif (Alzheimer dan Parkinson).

5. Smoothies

Menu sarapan pagi sehat yang kelima adalah smoothies. Berbagai macam protein seperti diantaranya yang terkandung di dalam gandum, telur, dan kacang kedelai mudah diserap oleh tubuh, jika diolah menjadi shake ataupun smoothies untuk menu sarapan di pagi hari. Protein juga mampu mengenyangkan dengan lebih lama. Jadi, Anda tak makan terlalu banyak setelahnya.

Berbeda dengan jus, smoothies akan membantu menyumbangkan lebih banyak serat serta membuatmu kenyang dengan lebih lama. Cara membuat smoothies juga mudah saja: Cmpurkan 120 mL susu rendah lemak, denagn 120 mL perasan jeruk, setengah buah pisang, 4-6 buah stroberi beku, serta 1 sendok makan biji rami (flaxseed). Haluskan dengan menggunakan blender dan nikmati selagi dingin.

6. Buah-Buahan

Menu sarapan pagi sehat yang keenam adalah buah-buahan. Segala macam buah-buahan tinggi akan vitamin, potassium, serat serat rendah kalori. Satu gelas potongan buah sendiri mampu menyediakan 80-130 kalori yang cukup digunakan untuk memulai aktivitas. Salah satu buah yang kemudian direkomendasikan adalah pisang. Pisang dengan kandungan kalori yang cukup tinggi (sekitar 105 kalori per satu buah pisang yang berukuran sedang), kaya akan vitamin C, serat, serta potassium.

Dengan mengonsumsi pisang di waktu sarapan, Anda akan mendapatkan manfaat berupa efek kenyang yang lebih tahan lama. Keinginan keinginan untuk ngemil pun akan berkurang. Bahan utama dari salad buah adalah buah-buahan dan salad dressing.

Namun, Anda juga dapat menambahkan yoghurt, keju, kacang-kacangan, serta berbagai bahan makanan menyehatkan lainnya.

Kalori dalam buah-buahan memang rendah, tetapi Anda tetap bisa mendapatkan energi dari bahan tambahan lainnya. Jadi, mulai saat ini jangan pernah ragu untuk mengonsumsi buah di pagi hari karena akan menyehatkan badan dan membuat seseorang menjadi lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.

7. Breakfast Wrap

Menu sarapan pagi sehat yang ketujuh adalah beakfast wrap. Hidangan ini sendiri mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni karbohidrat, protein, serta lemak sekaligus. Anda memerlukan tortilla, telur, sosis, serta keju. Buatlah telur orak-arik kemudian tumislah sosis hingga matang. Lalu, masukkan ke dalam tortilla, lalu gulung dengan rapi. Breakfast wrap pun siap untuk disantap.

8. Waffle

Menu sarapan pagi sehat yang kedelapan adalah waffle. Jika Buatlah adonan wafel dengan mencampurkan waffle instan serta bahan lain yang diperlukan. Lalu, panggang wafel hingga matang dan tambahkan madu serta potongan buah diatasnya.

9. Roti Lapis

Menu sarapan pagi sehat yang kesembilan adalah roti lapis. Roti lapis selai kacang dan stroberi. Pilihlah roti gandum yang bebas-gula agar Anda dapat memperoleh asupan serat yang lebih banyak. Oleskan selai kacang serta selai stroberi, lalu tutup dengan selembar roti lagi. Anda juga dapat menambahkan potongan buah pisang, stroberi, atau berbagai buah lainnya sesuai selera.

Itulah bahaya tidak sarapan dan daftar menu sarapan pagi sehat untuk pagi ini. Jangan lupa untuk selalu sarapan pagi sebelum jam 09.00 untuk menghindari bahaya tidak sarapan di atas.


 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru