Dari bahan alami, ini 4 obat hidung tersumbat yang bisa Anda coba

Selasa, 26 Januari 2021 | 18:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Dari bahan alami, ini 4 obat hidung tersumbat yang bisa Anda coba

KONTAN.CO.ID - Hidung tersumbat merupakan salah satu gejala yang umum Anda alami saat terserang flu atau pilek. Dengan mengonsumsi obat hidung tersumbat, kondisi Anda bisa sehat dengan lebih cepat. 

Tak hanya obat yang dijual di apotek, bahan-bahan alami dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hidung tersumbat, lo. Banyak orang yang memilih bahan alami sebagai obat untuk menghindari efek samping dari obat yang ada di pasaran.

Selain mudah didapat, bahan-bahan alami juga mudah diolah menjadi obat. Mulai dari cuka apel hingga teh herbal. Dengan mengonsumsi bahan alami tersebut, hidung tersumbat Anda pun bisa sembuh dengan lebih cepat.

Cuka apel

Anda bisa menggunakan cuka apel supaya hidung tak lagi tersumbat. Caranya, campur 6 ons air hangat dengan 2 sdm cuka apel dan 2-4 sdt madu. Minum air campuran itu tiap 6-8 jam sekali.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan cuka apel dengan mencampurnya bersama air panas. Setelah itu, hirup uap air yang keluar agar hidung tak lagi tersumbat.

Jika tak ingin minum atau menghirup uap cuka apel, Anda bisa memakainya dengan cara berkumur.

Baca Juga: Selain rempah-rempahan, ini pilihan obat sinusitis yang bisa dicoba

Baca Juga: Catat! ini daftar makanan dan minuman yang memicu diare

Garam

Mengutip dari Common Sense Home, hidung tersumbat bisa Anda atasi dengan berkumur memakai air garam. Air garam mampu menenangkan jaringan tenggorokan yang iritasi akibat hidung tersumbat.

Anda perlu mencampur garam secukupnya dalam segelas air hangat. Kehangatan dari air garam berfungsi untuk mengencerkan lendir yang menumpuk sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Dengan begitu, hidung pun tak lagi tersumbat.

Air garam

Hindari jenis makanan tertentu

Selain memakai obat hidung tersumbat yang terbuat dari bahan alami, penting pula untuk menghindari jenis makanan tertentu. Misalnya, produk olahan susu, gula, atau makanan yang mengandung banyak zat tepung.

Jenis makanan itu justru bisa memperparah hidung tersumbat yang sedang Anda alami. Anda bisa mengganti makanan itu dengan jenis makanan lain yang dapat mengatasi masalah Anda. Yakni, vitamin C, makanan pedas, atau makanan yang mengandung asam lemak omega-3.

Teh herbal

Common Sense Home menyebutkan, teh panas yang dicampur dengan madu dan air lemon mampu mengatasi hidung tersumbat. Sebab, ada antibakteri alami dalam madu dan vitamin C dalam lemon.

Selanjutnya: 10 Manfaat sereh sebagai obat herbal yang jarang diketahui

Editor: Belladina Biananda
Terbaru