Dari bahan alami, ini 5 rekomendasi obat sakit telinga yang mudah dicoba

Kamis, 28 Januari 2021 | 18:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Dari bahan alami, ini 5 rekomendasi obat sakit telinga yang mudah dicoba

KONTAN.CO.ID - Selain menimbulkan rasa sakit, infeksi telinga juga menyebabkan masalah kesehatan lain, bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut, ada banyak obat sakit telinga yang bisa Anda coba.

Infeksi telinga biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri. Risiko infeksi tersebut semakin besar saat Anda mengalami alergi, pilek, atau gangguan sistem pernapasan atas.

Tak hanya mengalami nyeri, infeksi dapat menyebabkan demam, gangguan keseimbangan, hingga kehilangan pendengaran.

Biasanya, ank-anak lebih rentan terkena sakit telinga daripada orang dewasa. Soalnya, saluran eustachius anak yang lebih pendek.

Supaya infeksi tak semakin parah, cobalah beberapa obat yang bisa Anda temukan di rumah:

Baca Juga: Radang telinga tengah, ini penyebab dan komplikasinya

Kompres

Mengutip dari Singlecare.com, memakai kompres dingin dan kompres hangat bisa jadi cara mengatasi sakit telinga.

Caranya, gunakan kompres dingin dan kompres hangat secara bergantian tiap 10 hingga 15 menit sekali. Cara tersebut cukup efektif, apalagi untuk anak-anak.

Vitamin D

Obat sakit telinga selanjutnya yang bisa Anda coba adalah vitamin D. Anda bisa mendapat jenis vitamin itu dari makanan, suplemen, atau sinar matahari. Dengan begitu, sistem imun tubuh meningkat sehingga infeksi pun lebih mudah teratasi.

Minyak bawang putih

Bahan alami lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit telinga adalah minyak bawang putih. Bawang putih mengandung antimikroba, antijamur, dan antivirus yang efektif melawan infeksi virus dan bakteri penyebab sakit telinga.

Anda bisa membeli minyak bawang putih di pasaran lalu menggunakannya pada lubang telinga. Selain itu, Anda juga bisa membuat sendiri dengan mencampur bawang putih yang sudah ditumbuk dengan minyak zaitun.

Baca Juga: Muncul benjolan di leher kiri? Ini penyebabnya

Jahe

Jahe bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit telinga.

Dilansir Singleare.com, jahe cocok jadi obat sakit telinga. Jenis bahan alami ini memiliki kandungan antiinflamasi sehingga mampu meredakan peradangan akibat infeksi.

Namun, pastikan untuk tidak menggunakan jahe secara langsung pada lubang telinga karena bisa menyebabkan efek samping.

Cuka apel

Cuka apel tidak boleh terlewat sebagai salah satu bahan alami mengatasi sakit telinga karena mengandung antibakteri. Pertama-tama, Anda perlu mencampur cuka apel dan air hangat dengan perbandingan yang sama. 

Setelah itu, gunakan alat tetes untuk memasukkan campuran itu pada lubang telinga. Selain menggunakan alat tetes, Anda bisa memakai kapas yang telah dibasahi dengan campuran tersebut supaya air cuka apel bisa masuk ke telinga dengan lebih mudah.

Selanjutnya: Simak, ini 4 penyebab benjolan di belakang telinga

Editor: Belladina Biananda
Terbaru