Di mana Guatemala, negara asal atlet badminton Kevin Cordon? Ini penjelasannya

Selasa, 03 Agustus 2021 | 09:22 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Di mana Guatemala, negara asal atlet badminton Kevin Cordon? Ini penjelasannya

ILUSTRASI. Kopi La Cima dari Finca El Injerto ditanam di wilayah Huehuetenango, bagian barat Guatemala yang memiliki ketinggian 1,650 mdpl. Sumber Foto : fincaelinjerto.com

KONTAN.CO.ID - Guatemala menjadi trending saat Olimpiade Tokyo 2020 lantaran menjadi negara asal Kevin Cordon, pebulu tangkis yang menjadi lawan Anthony Sinisuka Ginting di perebutan medali perunggu. 

Kevin Cordon, pebulu tangkis tunggal putra asal Guatemala ini membuat kejutan karena berhasil menembus babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020 dengan status non unggulan. 

Meski demikian, mimpi Kevin untuk meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020 harus pupus lantaran kalah dari Ginting di babak pertandingan perebutan medali perunggu. 

Lantas, di mana Guatemala? 

Baca Juga: Hasil Olimpiade Tokyo 2020: Anthony Ginting persembahkan medali perunggu

Letak Guatemala

Guatemala adalah negara yang terletak di Amerika Tengah dengan ibu kotanya Guatemala City. Guatemala berbatasan langsung dengan Meksiko di sebelah Utara dan Barat, di Timur oleh Honduras, di Tenggara oleh El Salvador, dan Selatan oleh Samudra Pasifik.

Guatemala mendapatkan kemerdekannya dari Spanyol pada tahun 1820-an. Dirangkum dari Britannica, Guatemala memiliki sejarah panjang pemerintahan otoriter dan rezim militer sampai berada di bawah pemerintahan demokratis pada tahun 1985. 

Mulai tahun 1954, Guatemala menghadapi perang saudara yang berlangsung selama 36 tahun. Kemudian, perang saudara tersebut berakhir pada 1996 dengan ditandatanganinya perjanjian damai. 

Baca Juga: Profil Kevin Cordon, lawan Anthony Ginting di perebutan medali perunggu

Saat ini, Guatemala dikenal sebagai salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia. Negara ini memang mengandalkan sektor perkebunan seperti kopi, kakao, dan rempah-rempah sebagai komoditas ekspor utama. 

Guatemala juga menjadi pemasok utama dunia untuk kapulaga.

Agama di Guatemala

Katolik Roma adalah agama yang dominan di Guatemala. Namun, sejak pertengahan abad ke-20 telah terjadi lonjakan pergantian agama ke Protestan terutama di kalangan orang miskin. 

Selain kedua agama tersebut, juga masih ada penduduk Guatemala yang meyakini kepercayaan Maya.

Baca Juga: Joe Biden bagikan 55 juta vaksin Covid-19 ke berbagai negara, Indonesia termasuk

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru