Fakta Jupiter, Salah Satu Planet yang Sejajar dalam Fenomena Langka Parade Langit

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB   Penulis: Arif Budianto
Fakta Jupiter, Salah Satu Planet yang Sejajar dalam Fenomena Langka Parade Langit

ILUSTRASI. Fakta Jupiter, Salah Satu Planet yang Sejajar dalam Fenomena Langka Parade Langit


KONTAN.CO.ID - Fakta tentang Jupiter, salah satu planet yang sejajar dalam dalam fenomena langka parade langit kali ini. Disebut sebagai planet terbesar di Tata Surya, Jupiter punya julukan sebagai raksasa gas, kok bisa?

Tahukah Anda? Tepat hari ini, Juni 24 Juni 2022 ada fenomena langka yang disebut sebagai parade langit. Apakah Anda sempat melihatnya pagi hari ini?

Ini merupakan fenomena langka yang menampilkan pertunjukkan menarik di atas langit. Adalah parade langit 24 Juni yang menampilkan planet Jupiter, Mars, Bulan, Uranus dan Venus sejajar satu garis.

Fenomena ini juga kerap kali disebut konjungsi karena konfigurasinya berada sejajar satu garis.

Dari 5 planet yang berjejer kali ini, Jupiter sepertinya menarik untuk dibahas. Ada beberapa fakta menarik seputar planet yang punya julukan raksasa gas ini.

Mau tahu? Yuk simak informasi hingga fakta menarik dari planet Jupiter.

Baca Juga: Fenomena 5 Planet Berjajar Pada 24 Juni 2022, Ini Urutannya hingga Cara Melihatnya

Fakta Jupiter

Planet Jupiter

Jupiter adalah planet urutan ke-5 yang terjauh dari Matahari. Jarak Jupiter - Matahari adalah 779 juta Km, lebih dari lima kali lipat jarak Bumi - Matahari, yakni sekitar 150 juta Km.

Jupiter juga mendapatkan titel sebagai planet terbesar di Tata Surya. Massa Jupiter diketahui 2,5 kali lebih besar dari massa seluruh planet lain di Tata Surya.

Jika dibandingkan dengan Bumi, diameter Jupiter adalah sepuluh kali lebih besar dari Bumi. Analoginya seperti Bumi adalah buah anggur, sementara Jupiter adalah bola basket.

Tidak seperti Bumi, Jupiter adalah raksasa gas yang tidak memiliki permukaan. Inti dalam yang solid kemungkinan hanya seukuran Bumi dari keseluruhan planet Jupiter ini.

Dikutip dari Solar System Exploration NASA, Jupiter membutuhkan waktu sekitar 12 tahun Bumi untuk menyelesaikan satu orbit Matahari.

Jika Bumi memiliki satelit alami yang kita kenal sebagai Bulan, Jupiter justru memiliki satelit yang lebih banyak lagi.

Baca Juga: Komet Raksasa Ini Akan Mendekati Bumi Bulan Depan, Apakah Bisa Disaksikan?

Menurut NASA, Jupiter memiliki lebih dari 75 Bulan atau satelit alami.

Jika Anda pernah melihat penampakan Jupiter, terkadang terlihat bintik merah di permukaan planet tersebut. Tahukah Anda apa itu bintik merah di planet Jupiter ini?

Bintik merah besar di planet Jupiter adalah badai raksasaa yang berukuran sekitar dua kali ukuran Bumi. 

Bahkan, badai ini telah mengamuk selama lebih dari satu abad di planet yang punya julukan gas raksasa ini.

Itulah fakta menarik tentang planet Jupiter yang kali ini hadir dalam fenomena parade langit bersama 4 planet lainnya. Semoga dapat menambah wawasan Anda tentang astronomi dengan pembahasan yang ringan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru