Fenomena langka tertangkap teleskop Hubble, penampakan spektakuler!

Rabu, 08 September 2021 | 10:25 WIB Sumber: Gadget 360
Fenomena langka tertangkap teleskop Hubble, penampakan spektakuler!

ILUSTRASI. Fenomena langka tertangkap teleskop luar angkasa Hubble, penampakannya spektakuler!

KONTAN.CO.ID - Fenomena langka tertangkap teleskop luar angkasa Hubble. Penamakannya spektakuler, melibatkan bintang yang baru lahir.

Beberapa fenomena yang ada di alam semesta ini mungkin tidak tampak secara kasat mata. Begitu pula dengan fenomena langka yang satu ini yang terjadi di luar angkasa.

Mengutip dari Gadgets360, laman Instagram Erupoean Space Agency (ESA) membagikan potret yang menakjubkan terkait peristiwa langit langka. 

Fenomena tersebut dikenal sebagai objek Herbig-Haro, yang terjadi di lorong gelap alam semesta yang sangat luas. Sebagai tambahan informasi, objek Herbig-Haro ini adalah bagian terang dari nebulositas yang terkait dengan bintang yang baru lahir.

Objek Herbig-Haro umumnya ditemukan di daerah pembentukan bintang, dan beberapa sering terlihat di sekitar tunggal, sejajar dengan sumbu rotasinya.

Fenomena tersebut memperlihatkan cahaya terang yang tampak bergerak dengan kecepatan tinggi dan menembus awan.

Baca Juga: Asteroid ini menandai bahwa lebih dari 1000 asteroid pernah mendekati Bumi

Ditangkap teleskop luar angkasa Hubble, fenomena tersebut melibatkan objek bernama HH111. Objek yang penampakannya spektakuler ini terbentuk dalam keadaan tertentu dan melibatkan bintang yang sangat aktif. 

Objek Herbig-Haro bernama H111, fenomena langka yang penampakanya spektakuler

Energi kuat yang saling bertabrakan inilah yang membuat objek Herbig-Haro HH111 ini. 

Fenomena langka ini diambil oleh Hubble's Wide Field Camera 3 (WFC3), yang mengamati objek pada rentang optik (panjang gelombang sensitif terhadap manusia) dan rentang inframerah (panjang gelombang terlalu panjang untuk dideteksi oleh mata manusia). Objek Herbig-Haro memancarkan cahaya pada panjang gelombang yang terlihat oleh mata manusia, tetapi debu dan gas di sekitarnya menyerap sebagian besar cahaya yang tampak. 

Oleh karena itu, WFC3 digunakan untuk mengamati objek-objek tersebut dengan sukses pada panjang gelombang inframerah.

Keren bukan? Luar angkasa yang luas dan misterius ini ternyata menyimpan fenomena-fenomena langka yang jarang kita lihat, bukan?

Selanjutnya: Bisakah seseorang tinggal di planet Mars selamanya? Siap-siap kecele!

Editor: Arif Budianto
Terbaru