Haid tidak teratur bisa disebabkan oleh 5 hal berikut ini

Rabu, 11 November 2020 | 14:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Haid tidak teratur bisa disebabkan oleh 5 hal berikut ini


KESEHATAN - JAKARTA. Siklus menstruasi dihitung sejak hari terakhir masa menstruasi sebelumnya hingga hari pertama masa menstruasi selanjutnya. Jika jarak tersebut lebih dari 38 hari, bisa dikatakan Anda mengalami haid tidak teratur. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kondisi tersebut.

Masa Kehamilan

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), hamil adalah salah satu penyebab haid menjadi tak lancar. Jika Anda menyadari adanya perubahan pada siklus menstruasi Anda, ada baiknya untuk melakukan tes kehamilan.

Selain siklus menstruasi terganggu, ada tanda-tanda kehamilan lain yang bisa Anda perhatikan. Mulai dari mual atau morning sickness, kelelahan, dan sensitif terhadap bau-bau yang menyengat. Jika perut terasa sakit selama beberapa hari, segera periksakan diri ke dokter. Dikhawatirkan Anda mengalami kehamilan ektopik atau keguguran.

Kelebihan Berat Badan

Haid tidak teratur juga bisa disebabkan berat badan berlebih, lo. Menurut sebuah penelitian, obesitas mengganggu jumlah hormon dan insulin tubuh. Hasilnya, siklus menstruasi menjadi terganggu. Ada baiknya bagi Anda untuk mengurangi berat badan dan memeriksakan diri ke dokter agar kesehatan tetap terjaga.

Baca Juga: Penyebab nyeri haid dan cara pencegahan yang bisa Anda coba

Berat Badan Turun Secara Ekstrem

Saat Anda berusaha untuk menurunkan berat badan, pastikan untuk menerapkan program diet yang tidak ekstrem, ya. Medical News Today mengatakan bahwa berat badan yang turun secara drastis dan tiba-tiba bisa membuat siklus menstruasi berhenti.

Hal itu disebabkan karena asupan kalori yang tak cukup membuat produksi hormon terganggu. Akibatnya, ovulasi dalam tubuh juga mengalami gangguan. Hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang memiliki tubuh sangat kurus dengan BMI di bawah 18.5.

Olahraga Berat

Olahraga yang terlalu berat dan intensif tak disarankan untuk wanita karena bisa menyebabkan haid tidak teratur.

Selain beberapa kondisi di atas, haid tidak teratur juga bisa terjadi ketika Anda melakukan olahraga berat. Saat Anda melakukan olahraga berat secara intensif, hormon menstruasi menjadi terganggu. Untuk menghindarinya, Anda perlu meninjau ulang jadwal latihan dan pastikan untuk mengonsumsi cukup kalori.

Baca Juga: 4 Cara mempercepat haid yang aman dilakukan

Stres

Stres menjadi salah satu faktor penyebab siklus menstruasi terganggu yang dialami oleh banyak orang. Haid menjadi tak teratur karena stres mengganggu bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengontrol hormon menstruasi.

Maka dari itu, Anda perlu mengatur stres dengan baik. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar stres tak mengganggu kesehatan Anda. Mulai dari melakukan olahraga secara rutin, meditasi, yoga, menjajal hobi baru, atau melakukan kegiatan menyenangkan lainnya.

Selanjutnya: Haid tak teratur? Coba 3 cara melancarkan haid ini, yuk

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru