kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS1.007.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

Hiu paus betina ternyata lebih besar dari jantan, begini penjelasannya


Kamis, 17 September 2020 / 12:06 WIB
Hiu paus betina ternyata lebih besar dari jantan, begini penjelasannya
ILUSTRASI. Hiu paus betina ternyata lebih besar dari jantan, begini penjelasannya.

Sumber: BGR | Editor: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Jenis kelamin hiu paus memengaruhi seberapa besar mereka bisa tumbuh. Penelitian terbaru mengungkapkan, hiu paus betina didapuk sebagai ikan terbesar di dunia.

Kehidupan bawah laut mengundang banyak misteri. Untuk dapat melihat keanekaragaman di bawah laut, Anda membutuhkan peralatan serta kemampuan menyelam yang baik.

Oleh sebab itu, tidak semua orang bisa melihat keindahan dan keanekaragaman hayati yang tersembunyi di bawah laut. Termasuk, ikan-ikan yang hidup didalamnya.

Tapi, tahukah Anda, ikan apa yang paling besar di dunia? Jawabannya adalah hiu paus. Memang sedikit membingungkan, namanya hiu paus, apakah ikan tersebut hiu? Atau paus?

Spesies ikan ini pada dasarnya merupakan hiu namun cenderung mirip paus dalam beberapa sisi. Contohnya, ukurannya. Karena ukurannya yang besar, membuat hiu paus terlihat seperti paus.

Baca Juga: Penelitian terbaru: Sirip punggung Hiu Megalodon ternyata setinggi manusia

Hiu paus yang paling besar

Mengutip dari situs BGR.com, hiu paus didapuk sebagai spesies ikan terbesar di dunia. Namun, yang paling besar adalah hiu paus jenis kelamin betina.

Studi yang dipublikasikan lewat Frontiers in Marine Science mengungkapkan fakta menarik. Data yang telah dikumpulkan puluhan tahun lamanya menunjukkan bagaimana hiu paus jantan dan betina tumbuh.

Menariknya, data tersebut memperlihatkan, hiu paus jantan tumbuh lebih cepat. Namun, betina justru bisa tumbuh lebih besar.

Menurut para peneliti, cepatnya pertumbuhan hiu paus jantan membuat mereka mencapai posisi puncaknya lebih cepat. Berbeda dengan hiu paus betina yang pertumbuhannya lambat justru membuat mereka tumbuh lebih besar.

Hiu paus bantan mencapai panjang maksimalnya sekitar 9 meter. Sementara hiu paus betina puncaknya bisa mencapai rata-rata 12 meter.

Baca Juga: 5 Fakta unik hiu tutul, si hiu besar yang tidak berbahaya

"Itu benar-benar besar seukuran bus di jalanan kota," ujar Dr. Mark Meekan, salah satu peneliti dalam studi tersebut. "Meskipun besar, mereka tumbuh sangat lambat, hanya sekitar 20 atau 30 cm setiap tahun," tambahnya.

Tetapi, ukuran besar hiu paus betina juga memiliki kelebihan lain, lo. Dengan tubuhnya yang besar, hiu paus betina menguntungkan sebagai perlindungan dari predator.

Apalagi, jika sedang hamil, mereka mampu menampung ratusan anak di dalam rahimnya. Tak heran, tubuhnya begitu besar bukan? 

Selanjutnya: Hanya 5 yang hidup di dunia, paus pembunuh putih terlihat di Alaska

 



TERBARU

[X]
×