Ingin liver tetap sehat? Hindari melakukan 4 kebiasaan berikut ini

Senin, 10 Mei 2021 | 10:25 WIB Sumber: Kompas.com
Ingin liver tetap sehat? Hindari melakukan 4 kebiasaan berikut ini


KESEHATAN - JAKARTA. Liver, organ tubuh yang memiliki peran penting dalam sistem metabolisme. Ini 4 kebiasaan yang bisa merusak kesehatan liver. 

Hati adalah organ vital bagi tubuh manusia. Hati memiliki banyak fungsi dalam tubuh, antara lain: menetralisir dan menawar racun, mengatur sirkulasi hormon, mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula protein dan zat lain. 

Baca Juga: Ingin ginjal tetap sehat? Hindari konsumsi makanan dan minuman ini

Hati juga bertanggung jawab untuk membuat cairan yang membantu pencernaan lemak, yaitu empedu. Organ yang sangat penting ini sebenarnya memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri jika terjadi kerusakan. 

Namun, waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan atau memperbaiki lebih panjang dari pada waktu yang dibutuhkan untuk merusak hati. 

Beberapa kebiasaan sehari-hari yang sering kita lakukan dapat melemahkan kinerja hati sedikit demi sedikit, antara lain: 

1. Merokok 

Merokok tidak hanya memiliki dampak negatif bagi kesehatan paru-paru, salah satu organ yang kinerjanya akan terganggu adalah hati itu sendiri. 

Hati harus bekerja lebih berat karena adanya zat-zat yang diterima saat menghirup asap rokok. 

Dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk regenerasi sel-sel di hati dan malah dapat memicu tumbuhnya sel kanker. 

Perokok aktif juga memiliki resiko penyakit hati lainnya seperti sirosis hati dan hepatitis. 

2. Mengkonsumsi obat bila tidak terlalu diperlukan 

Semua orang menginginkan jalan keluar yang cepat, begitu juga ketika sakit. Hampir semua orang ingin langsung sembuh dengan meminum obat. 

Kebiasaan seperti ini tidak baik, sebab tidak memberikan waktu untuk tubuh kita sembuh dengan sendirinya. Beberapa obat seperti obat flu, pusing dan obat anti depresan biasanya sulit diurai oleh hati yang menyebabkan hati dipaksa bekerja lebih keras. 

3. Begadang 

Kebiasaan ini sulit dihindari kalangan pelajar dan pekerja kantoran, mengejar deadline tugas atau sekedar main smartphone setelah penat seharian di kuliah maupun di kantor. 

Namun faktanya, begadang tidak memberikan organ-organ pada tubuh, terutama hati, cukup istirahat. 

Apalagi kalau begadang sambil menyantap cemilan yang sulit di cerna. Lagi-lagi hati harus bekerja ekstra buat menetralkan kandungan tidak baik dari cemilan tersebut. 

4. Konsumsi alkohol dalam jumlah besar 

Zat beracun tertentu seperti yang dikandung di dalam alkohol dapat melemahkan kinerja hati setelah paparan dalam jumlah besar dan dalam jangka waktu yang lama. 

Penyalahgunaan alkohol berpotensi memicu tiga penyakit hati yaitu "fatty liver" atau perlemakan hati, hepatitis dan sirosis hati. 

Kebiasaan-kebiasaan di atas harus sebisa mungkin kita hindari, ditambah mencoba gaya hidup sehat, berolahraga dan banyak bergerak untuk selalu dalam kondisi yang fit. 

Mulai memilah dan memilih apa yang kita konsumsi juga hal yang mudah dilakukan dalam keseharian kita. 

Dengan begitu organ-organ dalam tubuh kita juga bekerja sesuai porsinya dan dapat istirahat yang cukup. 

Karena bukan kita saja yang butuh istirahat, melainkan organ-organ dalam tubuh kita juga.

Baca Juga: 5 Kebiasaan minum yang bisa merusak kesehatan liver

Selanjutnya: Makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan hati

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Kebiasaan Buruk yang Menganggu Fungsi Hati", Klik untuk baca: https://sains.kompas.com/read/2019/10/16/070400323/4-kebiasaan-buruk-yang-menganggu-fungsi-hati?page=all#page2.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru