Ini 10 Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Sehat

Selasa, 07 Maret 2023 | 10:25 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 10 Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Sehat

ILUSTRASI. Ini 10 Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Sehat


TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara merawat tanaman hias dengan baik. Pemilik tanaman hias tentu ingin memiliki tanaman yang sehat dan panjang umurnya.

Merawat tanaman hias merupakan langkah untuk mengelola atau menjaga keadaan tanaman hias agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Tujuan dari perawatan tanaman hias adalah untuk menjaga keindahan, kekuatan, dan kesehatan tanaman sehingga dapat bertahan hidup dan berkembang secara optimal.

Merawat tanaman hias meliputi berbagai aktivitas, seperti menyiram tanaman secara teratur hingga mengobati tanaman dari serangan hama dan penyakit.

Baca Juga: Tidak Perlu Ke Dokter! Ini 5 Daun Ini Efektif Mengobati Diare

Cara merawat tanaman hias agar tumbuh sehat

Tanaman hias menjadi salah satu tanaman yang ditanam dengan tujuan estetika atau keindahan, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Beberapa jenis tanaman hias populer antara lain bunga, daun, dan kaktus. Cara merawat tanaman hias tergantung pada jenis tanaman yang Anda miliki.

Melalui perawatan yang tepat, tanaman hias dapat tumbuh sehat dan indah, dan dapat memberikan manfaat seperti mengurangi stres, meningkatkan kualitas udara, dan memberikan efek relaksasi di lingkungan sekitar.

Karena setiap jenis tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, maka penting untuk memahami kebutuhan khusus masing-masing tanaman agar dapat memberikan perawatan yang tepat dan membuat tanaman hias Anda tumbuh dengan optimal.

Baca Juga: Kenali 5 Bahaya Minum Sambil Berdiri bagi Kesehatan

Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu dalam merawat tanaman hias dilansir dari laman Master Class.

Cara merawat tanaman hias

1. Periksa kesehatan tanaman

Pastikan langkah awal adalah memeriksa kesehatan tanaman hias saat pertama kali mulai merawat.

Tentu, Anda bisa memperoleh tanaman dengan cara memindahkan tanaman dari pembibitan atau menanam sendiri dari biji.

Periksa tanaman hias untuk memastikan tanaman bebas hama dan busuk sehingga terhindar dari infeki yang dapat merusak seluruh kebun.

Selain penyakit tanaman, serangga perusak seperti kutu daun, agas, dan lalat putih harus dihilangkan dengan menggunakan pestisida yang sesuai atau metode pemusnahan efektif lainnya.

2. Aliran air yang baik

Penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan pertumbuhan jamur, bercak daun, dan tanaman yang tidak sehat.

Pastikan tanaman hias bisa mendapatkan siraman air sesering yang diperlukan selama musim tanam untuk spesies tanaman tertentu.

Biarkan tanah mengering di antara penyiraman agar tidak terlalu jenuh. Triknya adalah menjaga agar taman Anda tetap disiram dengan baik tetapi tidak basah kuyup, dan hindari membasahi dedaunan.

Air langsung ke tanah sebagai gantinya mudah dilakukan saat menyiram dengan tangan. Anda bisa memilih juga sistem irigasi tetes daripada alat penyiram.

3. Cek kondisi tanah

Kondisi tanah pada tanaman hias akan menurun dari waktu ke waktu dan perlu disegarkan sesering mungkin. Nah, anda dapat membeli tanah baru dari pusat kebun setempat, jadi pastikan untuk memeriksa kualitas tanah dan ganti bila perlu.

Menambahkan mulsa juga berguna untuk mempertahankan kelembapan tanah taman. Bahan mulsa akan menahan gulma sekaligus memasok bahan organik ke tanah saat mulai terdegradasi.

Pemupukan taman juga menjadi metode lain untuk menjaganya tetap sehat.  Bergantung pada jenis spesies tanaman yang Anda tanam, gunakan pupuk dalam jumlah yang tepat dan aplikasikan dengan tepat untuk memastikan Anda tidak membebani tanaman secara berlebihan.

4. Bersihkan alat perawatan tanaman

Adanya alat berkebun yang bersih dapat mengendalikan penyakit dan mencegah perpindahan bakteri atau elemen berbahaya ke taman.

Selain metode perawatan taman lainnya, peralatan bersih dapat membantu menjaga taman Anda tetap sehat lebih lama.

5. Lakukan perawatan bagian bunga

Lakukan pangkas dan cabut tanaman Anda sesuai kebutuhan. Metode Deadheading dapat menghilangkan bunga mekar tua untuk mendorong pertumbuhan baru.

Pemangkasan adalah memotong cabang tanaman Anda untuk mengontrol pertumbuhan dan memberi ruang lebih banyak.

Memusnahkan bagian tertentu pada tanaman akan membersihkan bagian-bagian yang tidak sehat dan juga menciptakan lebih banyak ruang bagi taman untuk berkembang.

Langkah untuk berkebun ini dapat mendorong pertumbuhan, membersihkan kemungkinan hama yang tersembunyi atau bagian yang tidak diinginkan.

Sehingga, bisa menambah ruang bagi tanaman hias atau sayuran untuk berkembang.

6. Sisihkan gulma

Perlu diketahui, keberadaan gulma adalah pembunuh taman. Gulma dapat mematikan akar tanaman hias yang sehat, menjadi sarang hama, dan menjadi gangguan yang tidak sedap dipandang.

Gulma menghabiskan ruang dan sumber daya yang menjadi siklus pernafasan tanaman hias, sehingga perlu diberantas agar menjaganya tetap sehat dan tumbuh.

7. Lindungi dari binatang

Siapkan penghalang di sekitar pot tanaman hias maupun bagian taman, seperti pagar kawat. Hal ini dapat mencegah hewan herbivora, makhluk, dan hama taman lainnya merusak tanaman hias.

Pagar kawat menjaga taman Anda tetap aman, sekaligus menjaganya tetap terlihat dan terkena sinar matahari.

8. Ikat batang tanaman

Langkah mudah untuk merawat tanaman adalah ikat batang tanaman dengan memasang tongkat ke tanah dan mengikat batang bunga.

Langkah ini cocok untuk tanaman yang memiliki batang yang lemah sehingga dapat memperkuat batang dan menjaganya agar tidak bengkok sehingga tetap tegak dan sehat.

9. Tanaman pendamping

Menambahkan tanaman hias pendamping, atau tumpang sari, menjadi solusi ketika menanam berbagai tanaman berbeda bersama-sama.

Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas pertumbuhan, menyediakan penyerbuk, menangkal hama, dan mengendalikan habitat serangga yang bermanfaat.

Tumpang sari menjadi cara yang bagus untuk menjaga taman dan hamparan bunga tetap subur dengan mengelilinginya dengan tanaman yang tepat.

10. Tambahkan wadah yang lebih tinggi

Terakhir tips merawat tanaman hias adalah meninggikan wadah taman dapat secara signifikan meningkatkan umur panjang tanaman.

Pot tanaman hias yang ditinggikan sangat bagus bagi pemilik yang ingin memulai dari yang kecil, atau menanam berbagai bagian.

Pastikan pot atau wadah tanaman hias ini dilengkapi dengan penghalang, menyediakan drainase yang tepat, dan dapat membantu menjaga aman dari gulma dan ancaman lainnya.

Demikian beberapa cara merawat tanaman hias agar dapat tumbuh baik dan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru