Ini 6 Efek Samping Minum Kopi saat Perut Kosong yang Perlu Dihindari

Selasa, 06 Februari 2024 | 13:41 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 6 Efek Samping Minum Kopi saat Perut Kosong yang Perlu Dihindari

ILUSTRASI. Efek Samping Minum Kopi saat Perut Kosong yang Perlu Dihindari


Efek Samping Minum Kopi - JAKARTA. Ketahui efek samping minum kopi saat perut kosong yang perlu Anda pertimbangkan. Kegiatan minum kopi menjadi kebiasaan sebagian besar orang sebagai cara untuk memulai hari.

Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi kopi saat perut kosong bisa memberikan dampak negatif pada kesehatan.

Meskipun banyak yang menikmati sensasi segar dari secangkir kopi di pagi hari, penting untuk menyadari bahaya-bahaya yang mungkin timbul ketika minum kopi tanpa adanya makanan dalam lambung.

Nah, bila ditelaah lebih dalam ada beberapa risiko dan konsekuensi kesehatan yang dapat terjadi akibat kebiasaan ini.

Baca Juga: 6 Tanda-Tanda Tekanan Darah Tinggi, Cek Juga 6 Cara Mengontrolnya

Bagaimana tubuh menyerap kafein dari kopi?

Minum kopi

Melansir dari Eating Well, Kafein sepenuhnya diserap oleh lambung dan usus kecil dalam waktu 45 menit setelah dikonsumsi. Penelitian ini terkait penyerapan kafein ini ungkap bahwa setelah sekitar 30 menit Anda akan melihat efek kafein, namun kisarannya bisa berkisar antara 15 hingga 45 menit.

Meskipun Anda mungkin memiliki waktu untuk menyesuaikan diri dengan tubuh Anda untuk mengenali respons individual terhadap kafein, Anda mungkin dapat mengetahui bagaimana secangkir kopi memengaruhi Anda secara individu berdasarkan kapan Anda harus melakukannya. menggunakan kamar kecil atau ketika tiba-tiba merasa waspada.

Namun, berhati-hatilah bagi konsumen, kafein tidak boleh menjadi pengganti tidur! Ini adalah stimulan, namun tidak memberikan kesehatan restoratif yang Anda perlukan untuk menjaga kemampuan pengambilan keputusan Anda tetap tajam.

Baca Juga: 8 Minuman Selain Air Putih yang Bermanfaat Besar Bagi Kesehatan Tubuh

Efek samping minum kopi saat perut kosong

Minum kopi saat perut kosong dapat memberikan beberapa dampak pada tubuh. Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi, dirangkum dari laman iCliniq.

1. Iritasi Lambung

Kafein dalam kopi dapat merangsang produksi asam lambung. Saat perut kosong, produksi asam lambung bisa meningkat, dan ini dapat menyebabkan iritasi lambung.

Bagi beberapa orang yang memiliki sensitivitas lambung, ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan, terutama bagi yang sudah memiliki masalah lambung seperti gastritis atau tukak lambung.

2. Peningkatan Produksi Asam

Kafein dapat merangsang sel-sel pada dinding lambung untuk memproduksi lebih banyak asam. Hal ini dapat meningkatkan risiko refluks asam lambung, yang dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada (heartburn) atau masalah pencernaan lainnya.

3. Gangguan Metabolisme

Meskipun kopi dapat memberikan dorongan energi singkat karena efek stimulan kafein, minum kopi secara teratur saat perut kosong tidak dianjurkan. Ini karena dapat mengganggu pola makan dan metabolisme tubuh. Tubuh cenderung lebih baik menyerap nutrisi dari makanan daripada dari minuman.

4. Peningkatan Nafsu Makan

Kafein dapat merangsang nafsu makan. Jika Anda minum kopi saat perut kosong, hal ini dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kontrol berat badan.

5. Dehidrasi

Kafein memiliki efek diuretik, yang berarti dapat meningkatkan produksi urine dan menyebabkan dehidrasi. Minum kopi saat perut kosong tanpa diikuti konsumsi air yang cukup dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Meskipun beberapa orang mungkin tidak merasakan dampak negatif ini, tetap disarankan untuk minum kopi setelah makan atau bersamaan dengan makanan untuk mengurangi potensi efek samping.

6. Risiko Peradangan

Minum kopi saat perut kosong adalah faktor kunci stres oksidatif dan peradangan. Beberapa gangguan yang terkait dengan peradangan termasuk kelelahan, masalah kulit, diabetes, dan penyakit autoimun.

Selain itu, memperhatikan kondisi kesehatan pribadi dan batasan masing-masing individu sangat penting. Jika seseorang memiliki masalah kesehatan tertentu, konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk saran lebih lanjut.

Itulah beberapa informasi terkait efek negatif minum kopi saat perut kosong yang perlu Anda waspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru