Ini bahan alami yang bisa menjadi obat rambut rontok

Senin, 18 Januari 2021 | 19:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini bahan alami yang bisa menjadi obat rambut rontok


KESEHATAN - Rambut rontok merupakan salah satu permasalahan yang dialami oleh banyak orang. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai obat rambut rontok.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya rambut rontok, seperti pola hidup kurang sehat, stres, dan gen. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan obat rambut rontok.

Meski banyak produk perawatan rambut yang dijual di pasaran, tapi tak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Selain mudah didapat, bahan alami juga cukup aman untuk dipakai karena tidak memberikan banyak efek samping.

Beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok adalah telur, minya kelapa, dan teh hijau. Cobalah untuk memakainya secara rutin supaya masalah Anda bisa teratasi dengan lebih cepat.

Baca Juga: 4 Rekomendasi penumbuh rambut yang tak boleh Anda lewatkan

Telur

Meski memiliki bau yang kurang sedap, telur adalah salah satu bahan alami yang efektif mengatasi rambut rontok. Mengutip dari Purplle.com, protein, fosfor, zinc, dan nutrisi penting lain dari telur mampu menguatkan dan menstimulus pertumbuhan rambut.

Caranya, campurkan satu putih telur dengan 1 sdt madu dan 1 sdt minyak zaitun. Setelah teraduk rata, gunakan campuran itu pada kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama 25 menit kemudian bilas menggunakan sampo.

Minyak kelapa

Obat rambut rontok selanjutnya bisa terbuat dari minyak kelapa, lo. Asam lemak dari minyak kelapa bisa masuk ke tiap batang rambut sehingga rambut menjadi lebih kuat.

Bahan alami tersebut dapat jadi pelembab alami sehingga cocok digunakan oleh pemilik rambut kering. Pertama-tama, Anda perlu menghangatkan 2 sdt minyak kelapa.

Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga dingin kemudian oleskan pada kulit kepala dan rambut. Anda bisa memberi sedikit pijatan agar minyak kelapa meresap secara sempurna. Diamkan selama semalaman lalu bilas dengan sampo di pagi hari.

Baca Juga: 3 Cara meluruskan rambut secara alami, mudah dicoba

Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu obat rambut rontok yang bisa Anda pilih.

Purplle.com merekomendasikan teh hijau untuk mengurangi rambut rontok. Polifenol dalam green tea mampu menguatkan folikel dan akar rambut. Anda bisa mengonsumsi segelas teh hijau hangat secara rutin supaya manfaat tersebut bisa Anda dapat.

Lidah buaya

Bahan alami selanjutnya yang cocok dijadikan obat rambut rontok adalah lidah buaya. Apalagi, jika rambut rontok disebabkan karena kulit kepala yang meradang. Kandungan dalam kulit kepala mampu mengurangi inflamasi kulit.

Tak hanya itu, lidah buaya juga berguna untuk menghilangkan minyak berlebih sehingga penyumbatan folikel rambut bisa dicegah. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala. Setelah didiamkan selama satu jam, bilas dengan air.

Selanjutnya: Cari cara menghitamkan rambut? Pakai bahan alami ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru