Ini Pengertian hingga Perbedaan AM dan PM dalam Sistem Waktu 12 Jam

Senin, 01 Mei 2023 | 10:56 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini Pengertian hingga Perbedaan AM dan PM dalam Sistem Waktu 12 Jam

ILUSTRASI. Ini Pengertian hingga Perbedaan AM dan PM dalam Sistem Waktu 12 Jam


TIPS & TRIK - JAKARTA. Ketahui perbedaan AM dan PM dalam sistem waktu 12 jam. Informasi terkait periode waktu dalam sehari berikut ini wajib diketahui.

Kepanjangan AM dan PM merupakan dari kata Latin "Ante meridiem" dan "Post meridiem" yang berarti "sebelum tengah hari" dan "setelah tengah hari".

Tanda AM merujuk pada waktu dari tengah malam hingga sebelum tengah hari (12:00 siang), sedangkan PM merujuk pada waktu setelah tengah hari hingga tengah malam (12:00 malam).

Dalam sistem waktu 12 jam yang digunakan di banyak negara, AM digunakan untuk menunjukkan waktu dari tengah malam hingga sebelum tengah hari (00:00-11:59). Sementara, PM digunakan untuk menunjukkan waktu dari tengah hari hingga tengah malam (12:00-23:59).

Baca Juga: Inilah Cara Keluar Grup Whatsapp Tanpa Diketahui dalam 2 Metode

Pengertian hingga Perbedaan AM dan PM dalam Sistem Waktu 12 Jam

Dalam sistem waktu 24 jam, AM dan PM tidak digunakan karena waktu diwakili dalam angka 24 jam, di mana 00:00 menunjukkan tengah malam, 12:00 siang menunjukkan tengah hari, dan 23:59 menunjukkan satu menit sebelum tengah malam.

Pembagian waktu AM dan PM dalam 2 Periode

Sistem 12 jam membagi 24 jam sehari menjadi 2 periode yang masing-masing berlangsung selama 12 jam. 

Periode 12 jam pertama ditetapkan sebagai pagi berjalan dari tengah malam hingga siang hari. Sementara, periode kedua, bertanda PM, mencakup 12 jam dari tengah hari hingga tengah malam.

Sehingga, Anda bisa menggunakan angka dari 1 sampai 12, diikuti dengan AM atau PM, sistem jam 12 mengidentifikasi semua 24 jam dalam sehari.

Sebagai contoh, jam 4 AM adalah pagi hari, dan jam 4 PM adalah sore hari; Jam 1 AM adalah satu jam setelah tengah malam, sedangkan jam 11 PM adalah satu jam sebelum tengah malam.

Ante meridiem umumnya dilambangkan sebagai AM, am, am, atau AM; post meridiem biasanya disingkat PM, pm, pm, atau PM.

Perbedaan AM dan PM

Kelemahan utama dari sistem 12 jam adalah kebingungan yang meluas tentang singkatan mana yang harus digunakan untuk siang dan tengah malam. Hal ini karena tidak ada momen yang secara logis dapat diidentifikasi sebagai sebelum tengah hari (pagi) atau setelah tengah hari (siang).

Misalnya, momen tengah malam terjadi tepat 12 jam setelah tengah hari pada hari sebelumnya dan 12 jam sebelum tengah hari pada hari berikutnya.

Namun, sebagian besar jam digital dan sebagian besar sumber, menetapkan tengah malam sebagai pukul 12 AM dan siang sebagai pukul 12 PM.

Meskipun waktu tengah hari yang tepat tidak termasuk dalam kategori mana pun, jam setelahnya, dari 12:00:01 hingga 12:59:59, jelas setelah tengah hari.

Untuk menghindari kebingungan saat mengacu pada waktu yang tepat dari tengah hari atau tengah malam, sebaiknya gunakan penunjukan 12 siang dan 12 tengah malam.

Kebingungan Tengah Malam

Sistem waktu AM dan PM menimbulkan beberapa informasi simpang siur lainnya seperti kurangnya penunjuk tanggal dalam sistem 12 jam. Sehingga tidak mungkin untuk secara logis mengidentifikasi waktu yang tepat ketika hanya tanggal dan12:00 (tengah malam) disediakan.

Bayangkan diminta untuk menjemput seorang teman di bandara pada pukul 12:00 pada tanggal 13 April. Apakah Anda akan pergi ke sana pada tengah malam antara tanggal 12 April dan 13 April? Atau 24 jam kemudian?

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengorbankan akurasi demi kejelasan melalui sistem waktu 24 jam.

Seperti pukul 0:00 mengacu pada tengah malam di awal hari sedangkan 24:00 adalah tengah malam di penghujung hari.

Demikian informasi terkait pengertian hingga perbedaan AM dan PM dalam Sistem Waktu di beberapa negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru