Jadi obat diabetes, ini 4 khasiat daun salam untuk kesehatan

Jumat, 28 Mei 2021 | 09:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jadi obat diabetes, ini 4 khasiat daun salam untuk kesehatan


KESEHATAN - JAKARTA. Biasanya, daun salam digunakan untuk melengkapi hidangan yang Anda masak. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak khasiat daun salam yang berguna untuk kesehatan tubuh? Untuk mendapatkannya, tentu saja Anda perlu rutin mengonsumsi daun salam.

Meski bisa memberikan banyak manfaat, sebaiknya tetap konsultasi dulu dengan dokter jika ingin mengonsumsi daun salam secara rutin. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Tujuannya untuk menurunkan risiko terjadinya efek samping yang tidak diinginkan.

Jika kondisi Anda memungkinkan, mengonsumsi daun salam bisa mendatangkan manfaat-manfaat ini. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam hidangan. Namun, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat supaya manfaatnya tidak hilang.

Mengobati Diabetes

Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), mengonsumsi daun salam berpengaruh pada metabolisme glukosa sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, seperti yang telah disebutkan, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Baca Juga: Air rendaman ketumbar efektif mengobati diabetes melitus

Meredakan Stres

Khasiat daun salam yang perlu Anda ketahui adalah jenis bahan alami ini bisa meredakan stres. Salah satu kandungan dalam daun salam, yaitu linalool, efektif menurunkan jumlah hormon stres. Dengan begitu, risiko depresi dan gangguan kecemasan bisa Anda hindari.

Selain mengonsumsi daun salam, penting pula untuk Anda melakukan cara lain sehinga stres bisa terkelola dengan baik. Mulai dari melakukan yoga atau meditasi, rutin olahraga, mencoba hobi baru, atau melakukan sesi konsultasi dengan psikolog jika memang benar-benar dibutuhkan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi daun salam. Rutin, salah satu senyawa yang terdapat dalam daun salam, mampu memperkuat dinding kapiler sehingga kesehatan jantung dapat terjaga.

Tidak berhenti sampai di situ, daun salam juga memiliki banyak asam caffeic yang mampu menurunkan jumlah kolesterol. Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah lebih terkontrol sehingga jantung Anda bisa tetap sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat dan efek samping daun kelor untuk kesehatan

Menjaga Kondisi Rambut

Salah satu khasiat daun salam adalah digunakan untuk merawat rambut.

Khasiat daun salam lain yang disebutkan E Times adalah daun salam bisa menjaga kondisi rambut.

Setelah mencuci rambut dengan sampo seperti biasa, cobalah untuk mengaplikasikan air rebusan daun salam pada rambut dan kulit kepala. Dengan pemakaian rutin, rambut rontok, ketombe, atau masalah rambut lain bisa tertasi dengan maksimal.

Selanjutnya: Catat! Ini efek samping daun sirih untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru