Jangan Sembarangan Makan Beras Mentah, Moms Wajib Tahu Alasannya!

Minggu, 11 Juli 2021 | 19:17 WIB   Reporter: Ana Risma
Jangan Sembarangan Makan Beras Mentah, Moms Wajib Tahu Alasannya!

ILUSTRASI. Beras mentah yang dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dulu akan berbahaya bagi tubuh

KONTAN.CO.ID - Makan beras mentah tidak hanya terjadi pada orang-orang yang mengalami gangguan makan Pica. Kebiasaan makan beras mentah juga kerap terjadi pada wanita hamil yang sedang mengalami ngidam. Apakah Moms salah satunya?

Nah, Moms. Beras mentah memiliki manfaat sebagai sumber karbohidrat jika diolah dengan benar terlebih dahulu. Namun, apa jadinya jika seseorang mengonsumsi secara utuh beras yang masih mentah?

Dilansir dari Healthline.com, makan beras mentah berisiko memicu berbagai masalah kesehatan.

Makan beras mentah dapat menyebabkan terjadinya keracunan. Hal tersebut dikarenakan beras menjadi tempat yang nyaman untuk menjadi sarang dari bakteri berbahaya. Salah satu bakteri yang ada di beras mentah bernama Bacillus cereus (B. cereus).

Baca Juga: Pangkas mobilitas, pemerintah perketat aturan perjalanan selama PPKM Darurat

Banyak ditemukan di tanah, bakteri B. cereus sangat mudah untuk mencemari beras mentah. Bakteri ini akan otomatis terhambat pertumbuhannya jika beras mentah mengalami proses pemasakan.

B. cereus hanya akan tumbuh secara pesat jika beras dibiarkan mentah. Dengan makan beras mentah maka B. cereus pun akan ikut tertelan ke dalam tubuh.

Bakteri B. cereus dalam beras mentah dapat mengakibatkan mual, muntah, kram perut, hingga diare. Diare akan menyerang dalam kurun waktu 15-30 menit setelah beras mentah dikonsumsi.

Makan beras mentah juga menyebabkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi menjadi berkurang lho, Moms. Mengapa bisa? Karena dalam beras mentah terdapat senyawa bernama Lektin yang bersifat antinutrisi.

Baca Juga: Cabai Carolina Reaper, Cabai Terpedas di Dunia

Lektin tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia dan berpotensi merusak dinding usus. Namun demikian, sebagian besar senyawa Lektin dalam beras mentah akan menghilang ketika dimasak.

Perlu diingat, mengonsumsi beras mentah dalam jumlah besar juga bisa merusak penampilan. Makan beras mentah secara terus-menerus dapat merusak gigi karena beras mentah masih bertekstur keras. Bukan hanya gigi, rambut pun akan rentan mengalami kerontokan.

Makan beras mentah sesungguhnya tidak memberikan gizi apapun selain hanya menimbulkan kerugian bagi tubuh. Bagi Moms yang masih gemar makan beras mentah, sudahi sekarang juga ya Moms!

Selanjutnya: Old Bergenre Horor akan Tampil di Film Terbaru 2021 yang Dirilis Bulan Ini

Editor: Ana Risma
Terbaru