Jarang diketahui, berikut 7 manfaat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan

Selasa, 03 Agustus 2021 | 18:55 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Jarang diketahui, berikut 7 manfaat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan


KESEHATAN - Ada segudang manfaat daun salam yang jarang diketahui. Selama ini, daun salam seringkali digunakan untuk campuran masakan karena aromanya yang khas. 

Selain itu, tanaman dengan nama latin Syzygium polyanthum ini punya banyak khasiat untuk dunia kesehatan dan kecantikan. Manfaat daun salam yakni mengandung senyawa seperti niasin, serat, tannin, dan vitamin C. 

Nah berikut ini 7 manfaat daun salam, termasuk manfaat rebusan daun salam, seperti dilansir dari Organic Fact:

1. Memperbaiki saluran pencernaan

Manfaat daun salam sudah lama digunakan untuk pengobatan gangguan pencernaan.

Menurut jurnal 2019 yang diterbitkan dalam Medicinal Plants of South Asia Journal, manfaat daun salam tidak hanya menambah cita rasa yang enak pada makanan, tetapi juga membantu meredakan sakit perut, infeksi saluran cerna, perut kembung, kembung, sembelit, dan diare. 

2. Bisa membantu meringankan pernafasan

Daun salam memiliki sifat antibakteri yang kuat sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Biological and Pharmaceutical Bulletin

Ketika minyak atsiri daun salam diekstraksi, dapat dicampur menjadi salep dan dioleskan ke dada untuk membantu meringankan pernapasan. Oleskan di dada dan biarkan semalaman. 

Menghirup uapnya memiliki efek yang mirip dengan aromaterapi dan dapat mengendurkan dahak serta menghilangkan bakteri berbahaya yang mungkin terperangkap di saluran pernapasan.

Baca Juga: Resep Semur Telur Ceplok Daun Melinjo, Masakan Ibu yang Bikin Kangen

3. Kesehatan rambut

Manfaat daun salam juga dapat bekerja sangat baik untuk mengobati ketombe dan mengurangi masalah rambut rontok.

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan rambut dan menghilangkan ketombe, Anda bisa mencoba dengan merendam daun salam dalam air dan kemudian menggosokkannya pada kulit kepala setelah keramas. 

Senyawa dalam manfaat daun salam dapat membantu menghilangkan kulit kering dan ketombe. 

4. Anti peradangan

Salah satu manfaat daun salam adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Hal ini dikonfirmasi oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal penelitian Phytotherapy.

Manfaat daun salam mengandung fitonutrien unik, yang disebut parthenolide, yang dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi ketika dioleskan ke area yang terkena, seperti sendi yang sakit atau area yang terkena arthritis. 

Baca Juga: Resep Mie Aceh, Mie Tradisional yang Populer se-Indonesia

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru