Jarang diketahui, berikut manfaat jamur untuk kesehatan

Selasa, 02 November 2021 | 20:20 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Jarang diketahui, berikut manfaat jamur untuk kesehatan


KESEHATAN - Selain memiliki rasa yang enak, ternyata ada beberapa manfaat jamur bagi kesehatan tubuh. 

Jamur adalah salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Salah satu jenis jamur yang mudah ditemui oleh masyarakat adalah jamur tiram. 

Selain itu, ada beberapa jenis jamur yang juga sering dikonsumsi oleh masyarakat. Di antaranya adalah jamur kuping, jamur shiitake, dan jamur kancing. 

Selain enak dikonsumsi, ternyata ada sejumlah manfaat jamur bagi kesehatan tubuh. Meski demikian, tidak semua jamur boleh dikonsumsi karena mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh. 

Lantas, jamur jenis apa saja yang baik untuk tubuh? 

Baca Juga: Ingin Bercocok Tanam dengan Sistem Aeroponik? Ini Langkah-Langkahnya

Manfaat jamur untuk kesehatan tubuh

Dirangkum dari akun Instagram resmi Kementerian Pertanian dan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, berikut manfaat jamur bagi kesehatan tubuh: 

1. Jamur kuping

Manfaat jamur kuping bagi kesehatan tubuh adalah dapat membantu melancarkan pencernaan, mengurangi gejala wasir, rendah kalori, dan baik untuk diet. Sebab, jamur kuping memiliki kandungan serat yang tinggi. 

2. Jamur shiitake

Manfaat jamur shiitake mampu mengatasi jerawat pada kulit karena memiliki kandungan selenium di dalamnya. Selain itu, mampu menjaga kesehatan jantung, melawan tumor, meningkatkan kinerja fungsi otak, serta meningkatkan kekebalan tubuh. 

Baca Juga: Ini 5 jenis anggrek yang cantik untuk menghias rumah, catat ya!

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru