Jenis-Jenis Tepung Terigu yang Perlu Kita Ketahui

Minggu, 11 Juli 2021 | 21:15 WIB Sumber: Bogasari
Jenis-Jenis Tepung Terigu yang Perlu Kita Ketahui


KULINER - Tepung terigu banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai hidangan. Mulai dari roti, cake, hingga camilan ringan, semuanya bisa dibuat dengan tepung terigu.

Namun tahukah, Ternyata tepung terigu tidak hanya memiliki satu jenis saja lho. Meskipun terlihat sama, tepung terigu memiliki perbedaan yang didasarkan pada kadar proteinnya.

Beda jumlah kandungan proteinnya, beda pula sifat dan fungsinya.

Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu dengan protein rendah terbuat dari gandum lunak. Tepung terigu jenis ini memiliki kandungan gluten sekitar 6-8%. Untuk daya serapnya terhadap air, tepung terigu protein rendah memiliki daya serap yang rendah.

Baca Juga: Mengenal Clover Honey Yang Sedang Viral di Dunia Kesehatan

Daya serap yang rendah menjadikan tepung terigu protein rendah sulit untuk diuleni. Selain itu, tepung jenis ini juga tidak elastis dan susah mengembang. Meskipun begitu, tepung terigu protein rendah cenderung tahan lama.

Sifatnya yang tahan lama itu cocok untuk membuat kue kering dengan tepung ini. Tak hanya kue kering, tepung terigu protein rendah juga cocok untuk membuat kue bertekstur lembut.

Tepung Terigu Protein Sedang

Tepung terigu protein sedang disebut juga sebagai tepung terigu serbaguna. Kandungan gluten dari tepung jenis ini mencapai 10.5-11.5%. Sesuai sebutannya, tepung terigu protein sedang bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan.

Contoh makanan yang bisa dibuat dengan tepung ini adalah donat, brownies, dan bolu.

Baca Juga: Cabai Carolina Reaper, Cabai Terpedas di Dunia

Tepung Terigu Protein Tinggi

Tepung Terigu Protein Tinggi mengandung 12-14% gluten. Tingginya kandungan gluten di dalam tepung jenis ini menjadikannya mudah dicampur. Kelebihan lain dari tepung ini yaitu mudah difermentasi dan daya serap airnya tinggi.

Ketika diuleni, tepung terigu protein tinggi cenderung mudah elastis. Karena mudah diuleni, maka tepung jenis ini cocok digunakan untuk membuat roti. Tak hanya roti, tepung terigu protein tinggi juga bisa digunakan untuk membuat mi.

Semakin tinggi protein dalam tepung terigu, maka semakin tinggi pula kadar glutennya. Jadi, jangan sampai salah pilih ya Moms! Pastikan untuk memilih tepung terigu sesuai kebutuhan agar hasil masakan menjadi maksimal.

Selanjutnya: Inspirasi Makeup Flawless Ala Raline Shah, Bisa Moms Coba Nih!

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru