Kenali ciri kolesterol tinggi dan pengobatannya

Kamis, 21 Januari 2021 | 05:50 WIB Sumber: Kompas.com
Kenali ciri kolesterol tinggi dan pengobatannya


KESEHATAN - Jakarta. Kolesterol menjadi momok bagi orang dewasa, terutama usia 35 tahun ke atas. Karena, kadar kolesterol tinggi bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang beragam, termasuk penyakit jantung. Lalu bagaimana ciri-ciri kolesterol tinggi dan pengobatannya?

Merujuk pemberitaan Kompas.com, kolesterol adalah zat seperti lemak yang diproduksi oleh hati. Kolesterol dalam kadar tertentu, penting dalam metabolisme tubuh.

Kolesterol memiliki peran saat pembentukan membran sel, vitamin D, dan hormon tertentu. Kolesterol tidak dapat larut dalam air, sehingga tidak bisa berpindah ke seluruh tubuh dengan sendirinya. Kolesterol membutuhkan bantuan partikel lipoprotein untuk bergerak dalam aliran darah.

Partikel lipoprotein terbagi jadi dua, yaitu low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein. Partikel LDL sering dikenal sebagai kolesterol jahat. LDL dapat menumpuk di arteri dan menyumbat aliran darah, sehingga menyebabkan masalah kesehatan.

Sebaliknya, partikel HDL sering disebut kolesterol baik. Partikel HDL membantu kolesterol kembali ke hati untuk kemudian dibuang. Konsumi lemak dalam jumlah tinggi menyebabkan peningkatan kadar kolesterol LDL di darah. Kadar LDL yang tinggi ini yang sering disebut dengan kolesterol tinggi/hiperlipidemia/hiperkolesterolemia.

Baca juga: Waspada! Berikut 4 penyebab kolesterol tinggi

Ciri dan gejala kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala atau ciri apa pun. Pada kebanyakan kasus, kolesterol langsung menyebabkan gangguan kesehatan parah. Contoh mudahnya, Anda sedang membaca artikel di smartphone Anda, dan tiba-tiba Anda mendapat serangan jantung.

Gangguan kesehatan mendadak dan darurat semacam itu tadi bisa terjadi pada siapa saja dengan kadar kolesterol tinggi. Kabar buruk dari masalah kolesterol adalah tidak ada gejala khusus di badan manusia yang menandakan kolesterolnya tinggi.

Jadi, Anda bisa saja merasa sehat dan bugar tapi 5 jam kemudian Anda mendapat serangan jantung karena kolesterol tinggi. Untuk bisa mengetahui apakah kadar kolesterol di tubuh Anda termasuk tinggi atau rendah, Anda harus bertemu dokter.

Sebab hanya tes darah yang bisa membuat dokter tahu kadar kolesterol di tubuh Anda. Setelah melakukan tes darah, kadar kolesterol seseorang akan diketahui.

Kadar kolesterol normal di tubuh adalah 200-240 miligram per desiliter (mg/dL). Bila melebihi angka 240 mg/dL berarti kolesterol tinggi. Sedangkan, bila di bawah 200 mg/dL berarti kolesterol rendah.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru