Kenali macam-macam penyebab sakit perut

Jumat, 12 Februari 2021 | 17:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Kenali macam-macam penyebab sakit perut

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang yang pernah mengalami sakit perut sebelah kanan. Kondisi itu bisa disebabkan oleh banyak hal.

Mulai dari masalah remeh hingga gangguan kesehatan yang lebih parah. Apa pun penyebabnya, Anda perlu mengatasinya dengan benar supaya tak berisiko mengganggu kesehatan bagian tubuh yang lain.

Ada kondisi di mana beberapa penyebab hanya dialami oleh wanita saja dan pria saja. Sakit perut yang hanya dialami wanita bisa disebabkan oleh nyeri haid, kista ovarium, dan kehamilan ektopik. Sedangkan penyebab yang hanya dialami pria adalah torsio testis atau hernia inguinalis.

Tentu saja akan semakin mudah mengenali penyebab sakit perut jika ada gejala lain yang muncul. Maka dari itu, Anda perlu benar-benar memerhatikan gejala yang Anda rasakan. Dengan begitu, dokter bisa lebih mudah dalam mendiagnosa penyebabnya.

Gangguan Pencernaan

Mengutip dari Healtline (healthline.com), gangguan pencernaan dapat menyebabkan sakit perut hingga mual. Beberapa faktor pemicu gangguan pencernaan adalah gangguan kecemasan, mengonsumsi makanan berlemak, terlalu banyak mengonsumsi alkohol atau kafein, dan makan terlalu cepat.

Baca Juga: Bagi yang sering sendawa, bisa jadi karena 5 kondisi berikut

Sembelit

Sakit perut sebelah kanan dapat terjadi saat Anda mengalami sembelit atau susah buang air besar. Biasanya, sembelit terjadi saat Anda buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. Tak hanya itu, feses yang Anda keluarkan pun memiliki tekstur yang lebih keras daripada biasanya.

Gastroenteritis

Healthline menyebutkan bahwa gastroenteritis ditandai dengan sakit perut. Gastroenteritis adalah peradangan di saluran pencernaan akibat infeksi virus, bakteri, atau parasit. Tak hanya sakit perut, gastroentitis juga dapat mengakibatkan diare, demam, dan muntah.

Baca Juga: Sakit perut bagian bawah, 4 faktor ini bisa jadi penyebabnya

Usus Buntu

Radang usus buntu bisa jadi penyebab sakit perut sebelah kanan.

Seperti yang telah disebutkan, sakit perut sebelah kanan bisa disebabkan karena kondisi yang lebih parah, salah satunya adalah penyakit usus buntu. Organ tersebut dapat terinfeksi sehingga mengalami peradangan.

Jika dibiarkan, tentu saja usus buntu bisa pecah hingga meracuni bagian perut Anda. Selain sakit perut, Anda bisa mengalami mual, muntah, dan diare akibat masalah kesehatan tersebut. Jika gejalanya tak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.

Batu Ginjal

Penyebab lainnya yang dapat mengakibatkan sakit perut adalah terbentuknya batu ginjal dalam tubuh Anda. Batu ginjal dapat menyumbat organ Anda sehingga organ tidak bisa berfungsi normal. Batu ginjal ditandai dengan rasa sakit saat Anda buang air kecil dan bercampurnya darah pada air kencing Anda.

Selanjutnya: Catat, ini 5 penyebab perut kram yang bisa Anda alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru